Uncategorized

5 cara mengatur keuangan anak kuliah

Summary

5 cara mengatur keuangan anak kuliah – Menjadi mahasiswa adalah proses menuju kedewasaan. Pada masa ini Anda dituntut untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri, mulai dari mengatur waktu hingga mengelola keuangan. Cara mengatur Keuangan memang tidak mudah, termasuk orang dewasa […]

5 cara mengatur keuangan anak kuliah – Menjadi mahasiswa adalah proses menuju kedewasaan. Pada masa ini Anda dituntut untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri, mulai dari mengatur waktu hingga mengelola keuangan.

Cara mengatur Keuangan memang tidak mudah, termasuk orang dewasa yang sudah memiliki penghasilan tetap. Jika Anda terbiasa mengelola keuangan sejak dini, Anda akan memiliki dasar yang baik untuk pengelolaan keuangan. Simak tips mengelola keuangan mahasiswa berikut ini:

Bagaiaman cara mengatur keuangan mahasiswa?

1. Mulai disiplin menabung

Salah satu cara mengatur keuangan anak kuliah adalah dengan disiplin menabung. Setelah menerima uang saku, prioritaskan tabungan Anda. Dengan tabungan rutin, Anda bisa mulai berinvestasi sejak kuliah. Uang yang disimpan akan berguna di kemudian hari, seperti membeli printer agar tidak membuang-buang uang untuk mencetak tugas kuliah dan skripsi.

2. Belanja sesuai kebutuhan

Gaya hidup yang boros sering melanda seseorang. Untuk menghindari gaya hidup ini, saat berbelanja kebutuhan bulanan, sebaiknya buatlah daftar barang-barang yang harus dibeli. Dengan daftar belanja, Anda akan fokus pada barang yang Anda butuhkan dan menghindari gaya hidup yang boros.

3. Membuat rencana anggaran pengeluaran

Cara mengelola keuangan bagi mahasiswa selanjutnya adalah dengan membuat rencana anggaran keuangan untuk anggaran bulanan rutin. Ada baiknya jika Anda mengelola anggaran dengan baik agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Setelah membuat rencana anggaran, evaluasi rencana tersebut.

4. Catat pengeluaran

Setelah menggunakan uang dalam sebulan, pastikan Anda mencatat pengeluaran. Prioritaskan pencatatan pengeluaran wajib, seperti membayar sewa dan makan. Usahakan untuk mencatatnya secara detail agar pengeluaran di bulan berikutnya lebih terkontrol.

5. Manfaatkan sumber pendapatan dengan baik

Selain mengharapkan uang saku dari orang tua, Anda juga bisa mencari sumber penghasilan lain. Misalnya dengan melakukan online shop, freelance, atau kerja paruh waktu. Pilih pekerjaan yang fleksibel sehingga tidak menyita waktu kuliah Anda. Demikianlah informasi tentang 5 cara mengatur keuangan anak kuliah semoga bermanfaat.

Sumber: Litetekno

Baca Juga : Cara Menyadap Chat di Social Spy Whatsapp Socialspy