Lifestyle

Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Minum Kopi Susu Kekinian

Summary

Menikmati segelas kopi susu, bukan berarti kamu harus mengabaikan kesehatan pada tubuh kamu. Agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan, kalian bisa mengonsumsinya dalam takaran wajar karena jika terlalu berlebihan juga akan berpengaruh buruk pada kesehatanmu. Berikut ini adalah beberapa […]

Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Minum Kopi Susu Kekinian

Menikmati segelas kopi susu, bukan berarti kamu harus mengabaikan kesehatan pada tubuh kamu. Agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan, kalian bisa mengonsumsinya dalam takaran wajar karena jika terlalu berlebihan juga akan berpengaruh buruk pada kesehatanmu. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan apabila kalian mengonsumsi kopi susu kekinian secara berlebihan.

1. Memicu Penyakit Diabetes

Minum kopi yang berlebihan saja bisa memicu terjadinya diabetes, apalagi jika kopi tersebut ditambahkan susu. Risiko terjadinya diabetes juga semakin meningkat karena kopi susu cenderung mengandung banyak gula di dalamnya. Apalagi jika dikonsumsi setiap hari, pasti akan sangat membahayakan tubuh manusia.

2. Mengurangi Kadar Kalsium

Memang susu merupakan produk yang kaya akan kalsium. Namun apabila dicampurkan dengankopi layaknya minuman kopi susu kekinian, dapat mengurangi kandungan kalsium hingga 10 persen. Padahal, kalsium sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi manusia. jika ingin mendapatkan kandungan kalsium yang sangat banyak, sebaiknya konsumsi susunya saja melainkan bukan kopi susu kekinian.

3. Menghilangkan Nilai Gizi pada Susu

Tidak hanya kalsium, kandungan yang terdapat pada susu adalah fosfor. Ketika mencampurkan susu dengan kopi, maka kandungan gizi yang ada di dalam susu juga dapat berkurang. Hal ini terjadi karena kandungan tannin pada susu dapat mengikat zat besi susu sehingga kandungan tersebut bisa akan hilang.

4. Memicu Tumbulnya Jerawat

Banyak orang yang megatakan bahwa apabila mengonsumsi kopi susu kekinian dalam porsi banyak dapat menimbulkan jerawat. Penyebabny karena susu mengandung zat pro-inflamasi yang dapat menimbulkan jerawat hormone, sehingga juga  mampu memicu reseptor perangsang produksi kelenjar minyak dalam tubuh. Jika produksi minyak di wajah meningkat dan apabila pori-pori tersumbat, maka akan muncul banyak komedo yang memicu tumbulnya jerawat.

5. Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Tingginya kadar kafein dalam kopi susu bisa membuat produksi asam lambungmu menjadi sangat meningkat, hal ini berlaku bagi kalian yang selalu mengonsumsi kopi susu dalam ukuran berlebih / tak wajar. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit sistem pencernaan, seperti tipes, magh, atau asam lambung. Jika kalian ingin produksi asam lambung tetap rendah, kalian bisa kopi susu dengan gula merah (aren) yang dikombinasikan dengan krimer.

6. Memicu Kenaikan Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Banyaknya pemanis buatan yang terkandung di dalamnya, bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan atau biasa disebut dengan obesitas. Hal ini dikarenakan gula dan emak yang terkandung dalam kopi susu sangat tinggi, yaitu sekitar 133 kalori jika kamu meminumnya dalam satu gelas. Bayangkan saja jika kamu mengonsumsi tiga kali sehari, maka ada 400 kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu sehingga peluang terjadinya obesitas juga semakin tinggi.