Belajar Huruf Qur’an Usia 4 Tahun

Tips Trik

Dalam belajar huruf Qur’an Anda tentu harus terlebih dahulu memahami bentuk tulisan Arab. Karena itu adalah bahasa dari qur’an itu sendiri. Ada banyak cara untuk bisa belajar huruf qur’an dengan menggunakan metode yang baik dan benar pula.

Belajar Huruf Qur’an Usia 4 Tahun

Cara-cara Belajar Huruf Qur’an

Setiap orang pasti ingin sekali bisa membaca qur’an dengan cara dan bacaan yang benar. Tetapi sebelum itu, hal paling mendasar adalah belajar huruf qur’an. Anda harus memahaminya terlebih dahulu, baru kemudian bisa mulai untuk mempelajarinya. Lantas, bagaimana cara belajarnya?

  1. Konsentrasi Penuh pada Pembelajaran Huruf Arab

Hal pertama yang harus dilakukan sebelumnya adalah dengan membuat konsentrasi penuh pada pembelajaran huruf Arab. Huruf ini memiliki kaidah yang berbeda dari huruf lainnya, mereka sangat istimewa dan menyimpan banyak kerumitan di dalamnya.

Maka dari itu, ketika akan mempelajarinya berarti Anda harus memberikan konsentrasi tinggi agar bisa menguasainya dengan benar dan tepat. Sesekali juga tetap harus ada latihan-latihan kecil untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Sekaligus juga mengetahui kekurangannya.

  1. Menggunakan Alat bantu

Dalam belajar, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan alat bantu di dalamnya. Alat bantu ini mungkin akan dapat membantu dengan baik. Bahkan dengan segala kelebihan alat tersebut, seseorang bisa melaksanakan pekerjaannya dengan mudah.

Alat bantu yang diperlukan di sini adalah mainan edukasi dengan permainan untuk pembelajaran huruf qur’an. Salah satunya dengan menggunakan produk lamphabet, permainan satu ini mempunyai banyak macamnya. Terdapat juga produk dengan bentuk balok berisikan huruf-huruf Arab.

  1. Memberitahukan Hikmah Mempelajarinya

Selain dengan mempelajarinya, Anda juga harus memberikan motivasi atau semangat untuk terus belajar huruf qur’an. Salah satunya yakni dengan memberitahukan hikmah saat memahaminya dan mengamalkannya.

Bahasa Arab atau huruf hijaiyyah adalah suatu kata yang memang dibuat khusus untuk menyampaikan kabar atau petunjuk dari Alla SWT secara langsung. Bentuknya yakni kitab suci al-Qur’an dengan segala kebenaran dan ketepatannya.

Seperti itulah penjelasan mengenai belajar huruf qur’an. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajarinya, Anda dapat memahami isi artikel ini terlebih dahulu. Itu supaya pembaca tahu bahwa segala sesuatu pasti memiliki caranya masing-masing. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.