CARA KEMBANGKAN USAHA UNTUK PELAKU UMKM DARI PADI UMKM

Bisnis Online|Tips Trik

Selama masa Pandemi COVID-19 menerjang Indonesia, efek yang ditimbulkan telah membuat daya beli masyarakat RI turun drastic yang diakibatkan karena tingginya tingkat pengangguran dan hancurnya level pendapatan para pekerja yang turun drastis. Keadaan ini sangat memukul para masyarakat Indonesia terutama pada pembisnis UMKM lokal.

Keunggulan platform digital jual barang dan jasa Pemerintah ini, tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga para pelaku usaha UMKM untuk memperoleh calon konsumen untuk membeli produk mereka. Feedback dan penilaian produk secara transparan dari pihak BUMN saat membeli produk UMKM juga menjadi keunggulan lainnya yang dimiliki platform digital ini, disaat pembeli percaya dan senang tentang produk tersebut maka pembeli lain akan berdatangan untuk membeli produk yang memiliki penilaian terbaik tersebut.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (02/01/20), sebagai pelaku usaha UMKM tentu berbagai cara dilakukan agar usaha semakin berkembang di tahun 2021. Ketika usaha pengembangan produk berhasil, tentu keuntungan yang akan di dapatkan pun akan semakin besar dan baik untuk ke depannya. Sebagai pelaku usaha lama ataupun baru, perlu disimak informasi berikut ini agar ke depannya anda semakin sukses dan mampu bertahan untuk usaha anda yang lainnya.

Pertama yang harus dilakukan agar usaha anda semakin berkembang di tahun 2021 dan seterusnya adalah evaluasi usaha. Periksa kembali segala aspek usaha Anda untuk mengukur kinerja bisnis di tahun ini. Karena dengan mengevaluasi bagaimana pekerjaan sebelumnya, anda dapat mengurangi intensitas kegagalan serta mengetahui apa yang harus dilakukan jika menemukan kendala pada sistem pekerjaan yang sedang dilakukan.

Kedua menurut platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini adalah periksa laporan keuangan. Kumpulkan laporan laba dan rugi, neraca dan laporan arus kas untuk memastikan anda berada di jalur yang tepat. Laporan keuangan sebagai bukti bahwa apakah pemasukan serta pengeluaran dana dari usaha anda sangat baik atau bahkan zona merah. Jangan sampai, keuntungan jauh dibawah kerugian yang anda peroleh karena jika hal tersebut dialami secara jangka Panjang maka akan berakibat fatal ke depannya.

Ketiga penuturan dari platform digital jual barang dan jasa BUMN ini adalah analisis kompetitif, bandingan strategi anda dengan competitor sambal mengevaluasi kekuatan dan kelemahan usaha anda. Setiap competitor pasti memiliki usaha yang lebih sukses dari usaha anda atau bahkan usaha tersebut juga bisa lebih dibawah standar usaha anda, hal tersebut jadikan acuan anda dalam berproses bagaimana Analisa tersebut dijalankan dari segi keunggulan produk, strategi promosi serta kualitas yang dimiliki produk. Jika competitor anda memiliki produk dan strategi promosi yang bagus maka jadikan acuan anda bisa membuat lebih baik dari mereka, namun jika produk competitor lain anda memiliki usaha yang gagal jadikan kendala yang dialami mereka sebagai peringatan untuk anda bahwa jangan sampai usaha anda mendapatkan masalah yang sama.

Untuk baru memulai ataupun sudah lama berbisnis tidak menjadi acuan anda pasti sukses atau tidak, tetap risetlah setiap keputusan yang anda akan ambil kedepannya untuk menjadi acuan. Jika segala sesuatunya dipikirkan dengan matang maka segala bentuk kendala maupun masalah kecil sampai besar tidak akan datang kepada usaha anda, tetap semangat dan optimis di segala Langkah.