Kesehatan

Kenali Cepat Gejala Penyakit PCOS

Summary

Anda pernah mendengar penyakit PCOS? Tahukah Anda apa sebenarnya penyakit ini dan apa saja gejala penyakit PCOS? Tahukah Anda ini merupakan salah satu penyebab utama infertilitas pada wanita? Temukan lebih banyak jawaban mengenai penyakit PCOS di sini. Apa Sebenarnya PCOS […]

gejala penyakit PCOS

Anda pernah mendengar penyakit PCOS? Tahukah Anda apa sebenarnya penyakit ini dan apa saja gejala penyakit PCOS? Tahukah Anda ini merupakan salah satu penyebab utama infertilitas pada wanita? Temukan lebih banyak jawaban mengenai penyakit PCOS di sini.

Apa Sebenarnya PCOS

PCOS merupakan singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome. Ini merupakan penyakit pada ovarium dengan terbentuknya banyak kista di dalamnya ovarium. Sebagai organ yang berfungsi ganda sebagai pusat produksi ovum atau sel telur dan sebagai produsen hormon reproduksi, organ ini justru gagal menghasilkan ovum yang sehat. Dan justru menghasilkan kista kista yang terbentuk dari telur yang gagal dibentuk.

Ini berkaitan dengan sejumlah hormon yang tidak berada pada kadar seharusnya. Dimana pasien mengalami hiperandrogen dan kekurangan hormon estrogen. Hingga proses produksi telur dan pengaturan siklus haid tidak berjalan baik.

Penyakit PCOS ini akan menyebabkan terganggunya kesuburan dan menimbulkan masalah pada siklus haid. Dalam kondisi yang lebih jauh dapat menimbulkan gangguan peradangan hingga kanker ovarium.

Masalahnya kebanyakan penderita PCOS tidak menyadari bila tubuhnya tengah menderita PCOS. Ini karena gejala penyakit PCOS memang tidak banyak dipahami orang. Gejala penyakit PCOS terbilang samar, tidak banyak menimbulkan efek signifikan seperti nyeri kecuali kondisi sudah cukup berat.

Gejala Penyakit PCOS

Lalu seperti apa sebenarnya gejala dari penyakit PCOS ini? Bersumber dari deherba.com, berikut adalah sejumlah gejala yang lazim muncul pada penderita PCOS.

Haid tidak teratur

Motor utama dari siklus haid sebenarnya adalah periode produksi ovum pada ovarium. Jadi bila proses produksi ovum terganggu, besar kemungkinan siklus haid juga tidak berjalan baik. Kadang haid datang lebih awal dari seharusnya, atau justru pasien akan kerap telat datang bulan.

Darah haid tidak normal

Ini juga gejala penyakit PCOS yang cukup sering terjadi. Darah yang keluar dari haid jumlahnya bisa jadi relatif sedikit dari normal atau malah sangat banyak. Menjadi lebih sedikit karena sinyal dari ovarium tidak cukup untuk menstimulasi dinding rahim membentuk lapisan endometrium.

Lapisan ini yang mengikat darah untuk nantinya menjadi tempat perlekatan janin. Namun bisa menjadi banyak karena justru lapisan endometrium tertumpuk demikian banyak, sementara pasien tidak kunjung haid.

Gangguan kulit

Penderita PCOS juga biasanya mengalami isu dengan kesehatan kulit. Produksi minyak wajah yang berlebihan, pori pori besar, jerawat di usia dewasa, kadang tidak hanya di wajah tetapi juga di punggung. Selain itu muncul pula perubahan pada kulit secara umum. Seperti kulit menjadi kusam dan muncul spot gelap pada kulit dan wajah.

Efek maskulinitas

Terjadi efek hiperandrogen yang notabene adalah hormon yang membawa efek maskulin pada pasien PCOS. Ini ditandai dengan hirsutisme dimana muncul pertumbuhan bulu kaki dan tangan yang berlebihan pada wanita. Kadang wanita dengan PCOS juga memiliki suara yang lebih dalam, masalah kerontokan rambut hingga memicu kebotakan dan sejumlah efek maskulinitas lain.

Gangguan mood

Efek ketidak seimbangan hormonal pada wanita memang kerap kali akan mengganggu mood. Karena hormon reproduksi akan bekerja mempengaruhi hormon hormon mood yang diproduksi otak. Akibatnya penderita PCOS acapkali mengalami mood yang sangat buruk. Sejumlah penderita PCOS bisa jadi akan rentan mengalami depresi.

Mengalami obesitas

Ada kaitan PCOS dengan insulin dan metabolisme tubuh. Akibatnya mereka dengan PCOS biasanya mengalami masalah dalam membentuk pembakaran energi. Itu sebabnya penderita akan mudah sekali mengalami obesitas.  Pasien sendiri memiliki masalah dengan performa kebugaran. Mereka mudah lelah, mudah merasa kehilangan energi dan tidak bersemangat.

Keluhan sakit kepala

Gangguan hormonal ini kadang menimbulkan efek langsung pada impuls saraf di otak. Memberi efek ketegangan di saraf yang pada akhirnya memudahkan pasien mengalami keluhan sakit kepala termasuk migrain.

Itulah sejumlah gambaran mengenai gejala penyakit PCOS. Anda bisa menemukan lebih banyak informasi seputar PCOS, termasuk sejumlah solusi herbal yang bisa dilakukan dalam laman

.