Tips Trik

Kesalahan Memberikan Makanan Anak Kucing yang Harus Dihindari

Summary

Memberikan makanan anak kucing yang tepat adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Ya, pemberian makanan yang tepat nantinya akan berdampak pada bagaimana anak kucing tersebut akan tumbuh dan berkembang. Juga, dengan makanan yang tepat, maka risiko seperti anak […]

Kesalahan Memberikan Makanan Anak Kucing yang Harus Dihindari

Memberikan makanan anak kucing yang tepat adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Ya, pemberian makanan yang tepat nantinya akan berdampak pada bagaimana anak kucing tersebut akan tumbuh dan berkembang. Juga, dengan makanan yang tepat, maka risiko seperti anak kucing yang sakit juga bisa dihindari.

Hanya saja, ada cukup banyak kasus terjadi di mana seseorang melakukan beberapa kesalahan saat memberikan makanan pada anak kucing yang dipelihara. Kesalahan ini, meskipun cukup fatal, namun seringkali tidak disadari.

Lantas, apa saja kesalahan yang dimaksud tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Kesalahan Memberikan Makanan Anak Kucing

Ada beberapa kesalahan mendasar yang cukup sering terjadi namun tidak disadari ketika memberikan makanan untuk anak kucing. Beberapa kesalahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan makanan kucing dewasa

Umumnya, makanan kucing dibedakan menurut usia mereka. Pembedaan ini memang cukup beralasan karena kucing membutuhkan nutrisi yang berbeda di tiap usianya. Oleh karenanya, Anda harus memilih makanan yang tepat dan sesuai dengan usia mereka.

Nah, kesalahan yang cukup sering terjadi adalah seseorang tidak memperhatikan peruntukan makanan kucing tersebut. Cukup banyak mereka yang memberikan makanan untuk kucing dewasa pada anak kucing tersebut dengan alasan mereka juga memakannya. Padahal, jika hal tersebut diteruskan, metabolisme tubuh mereka akan terganggu.

  • Langsung memberikan makanan kering

Memang, ada dua jenis makanan kucing yang tersedia, yaitu makanan basah dan makanan kering. Keduanya bisa jadi sama baiknya, tetapi memiliki fungsi yang cukup berbeda.

Nah, kesalahan yang cukup sering terjadi adalah pemilik kucing langsung memberikan makanan kering pada anak kucing mereka. Ini adalah kesalahan yang tentu saja harus dihilangkan.

Anak kucing memiliki keterbatasan dalam mengunyah. Artinya, mereka harus dibiasakan terlebih dahulu untuk mengonsumsi pakan. Oleh karenanya, pakan basah harus diberikan dulu sebelum nantinya diberikan pakan kering. Juga, pakan basah cenderung bagus untuk melatih pencernaan anak kucing.

  • Memberikan pakan terlalu banyak

Memberikan pakan terlalu banyak bisa jadi merupakan kesalahan lain yang seharusnya dihindari. Memang, anak kucing nantinya akan mengonsumsi makanan sesuai dengan porsi mereka, atau bisa ada sisa makanan yang diberikan.

Hanya saja, makanan yang terlalu banyak nantinya akan membuat anak kucing tersebut kecanduan. Misalnya, Anda memberikan pakan tuna terlalu banyak. Nah, anak kucing tadi akan cenderung kecanduan tuna dan akan menolak untuk mengonsumsi makanan lainnya.

Beberapa kesalahan di atas tentu saja harus dihindari. Selain itu, untuk pertumbuhan yang maksimal, pastikan Anda hanya memberikan makanan anak kucing berkualitas. Nah, Pro Plan adalah pilihan yang tepat dengan nutrisi yang tinggi dan variasi produk makanan yang beragam. Anda bisa mendapatkan informasi produknya di sini.