Tips Trik

Pembelajaran Berbasis Game – Cara Cerdas untuk Menyampaikan Pembelajaran

Summary

Pembelajaran berbasis game adalah media untuk menyebarkan pembelajaran melalui penggunaan aplikasi game yang dirancang dengan cerdas di ponsel dan internet. Hal ini pada dasarnya dirancang untuk menyeimbangkan materi pelajaran dengan permainan game, sehingga peserta didik / pemain dapat belajar sekaligus menerapkan […]

Pembelajaran berbasis game adalah media untuk menyebarkan pembelajaran melalui penggunaan aplikasi game yang dirancang dengan cerdas di ponsel dan internet. Hal ini pada dasarnya dirancang untuk menyeimbangkan materi pelajaran dengan permainan game, sehingga peserta didik / pemain dapat belajar sekaligus menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam situasi dunia nyata. Friedrich Schiller telah berkomentar dalam esainya yang terkenal, “manusia hanya sepenuhnya manusia ketika mereka bermain”, ini mungkin akar di balik inisiatif berbasis game.

Belajar tidak hanya berarti menghafal, melainkan melibatkan seluruh proses memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk merespons dengan tepat sesuai kebutuhan situasi. Game memiliki unsur fantasi, sehingga pemain dapat terlibat dalam kegiatan belajar melalui narasi. Pelatihan berbasis kinerja dicapai melalui permainan, dan itu memotivasi sekaligus efektif.

Pembelajaran seluler mengacu pada pelatihan pendidikan yang disampaikan melalui aplikasi m-learning berbasis seluler. Perangkat keras M-learning tidak hanya terdiri dari ponsel konvensional, tetapi juga mencakup buku internet, tablet, PC genggam, dll. Jenis pembelajaran ini mengintegrasikan pendidikan ke kehidupan sehari-hari individu, memungkinkannya menjadi lebih otentik dan tahan lama. Selain itu, seseorang memiliki kemewahan belajar sambil bergerak, sehingga berarti belajar tidak perlu berjam-jam lagi di dalam kelas mendengarkan ceramah yang membosankan. Pembelajaran berbasis game dapat diakses melalui berbagai perangkat m-learning dari mana saja dan kapan saja sesuai kenyamanan pengguna.

Pendekatan pembelajaran baru ini bermanfaat tidak hanya bagi peserta didik tetapi juga pendidik, dengan memperluas batasan ruang kelas mereka dan menghilangkan batasan fisik. Pendidikan bukanlah kemewahan lagi bagi orang kaya; penggunaan aplikasi m-learning berbasis cloud memastikan bahwa siapa pun yang hadir di bagian mana pun di dunia dapat memperoleh akses ke dunia pengetahuan yang luas hanya dengan satu sentuhan tombol.

Satu lagi keuntungan yang ditawarkan oleh pembelajaran berbasis game dan aplikasi m-learning adalah tidak ditentukan oleh kurikulum tetap apa pun. Seseorang dapat belajar tentang subjek apa pun kapan saja dari mana saja menggunakan aplikasi, yang menurutnya paling menghibur dan berguna pada saat yang sama. Orang yang bekerja juga dapat mempelajari keterampilan baru pada waktu yang tepat dan menaiki tangga karier.

Ada banyak belahan dunia yang masih kekurangan infrastruktur dasar seperti sekolah dan perguruan tinggi yang bagus. Orang-orang di wilayah tersebut dapat memperoleh akses ke pendidikan, melalui aplikasi m-learning jika kolaborasi yang berhasil direncanakan antara penyedia e-learning dan administrasi wilayah tersebut.

Aplikasi M-learning menyediakan platform interaktif untuk pendidik dan pelajar, memungkinkan pembelajaran menjadi pengalaman yang menyenangkan. Pertukaran informasi pasti menambah pengetahuan, tanpa kebosanan yang terkait dengan hafalan atau pendidikan berorientasi buku teks yang ditentukan.

Singkatnya, dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis game telah memungkinkan terungkapnya batasan-batasan baru dalam bidang pendidikan, menjadikannya lebih fleksibel, menghibur, dan hidup. Belajar sekarang dapat melampaui batasan geografis dan menjangkau siapa saja, yang memiliki kecenderungan untuk belajar dan memiliki ponsel di tangan.

Gireesh Sharma adalah seorang penulis yang menulis tentang Manajemen Sumber Daya Manusia. Keahliannya meliputi pembelajaran berbasis Game , pembelajaran seluler , dan masalah Pembelajaran & Pengembangan lainnya.