Uncategorized

Penerbit Buku yang Menerima Penulis Pemula

Summary

Saat ini sudah banyak penerbit buku yang menerima penulis pemula, bahkan mereka belum punya karya utama saja juga memiliki kesempatan sama. Untuk itu akan sayang sekali apabila Anda yang punya bakat menulis tidak mempergunakannya dengan baik malah justru menyia-nyiakannya begitu […]

Saat ini sudah banyak penerbit buku yang menerima penulis pemula, bahkan mereka belum punya karya utama saja juga memiliki kesempatan sama. Untuk itu akan sayang sekali apabila Anda yang punya bakat menulis tidak mempergunakannya dengan baik malah justru menyia-nyiakannya begitu saja.

Langkah Masuk ke Penerbit Buku yang Menerima Penulis Pemula

Agar bisa bergabung ke dalam group penerbit buku walaupun masih pemula memang bukanlah hal mudah. Dibutuhkan kesabaran serta konsistensi ekstra agar usaha benar-benar bisa membuahkan hasil. Bagi Anda yang tengah berusaha menjadi penulis profesional, ada tips agar bisa memikat hati para penerbit walaupun masih pemula.

  1. Menentukan Tema Penulisan Dengan Tepat

Sebagai seorang pemula Anda harus bisa menentukan sikap dan memilih genre mana yang bisa diambil. Pastikan sesuai dengan passion agar nantinya isi cerita tidak mentok dan selalu mengalami perkembangan baik tokoh maupun alur. Selain itu ada juga genre sebagai pengarah konsep dari tulisan.

Unsur tema dan genre nantinya akan membuat tulisan memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu jangan terburu-buru. Pikirkan dengan matang dan hati-hati sebelum melakukan penulisan naska. Jika pondasinya sudah ditentukan secara benar maka informasi bisa sampai dengan baik kepada pembaca.

  1. Buatlah Kerangka Tulisan

Penerbit buku yang menerima penulis pemula pastinya juga tidak suka terhadap tulisan yang isinya hanya basa-basi saja. Untuk menghindari hal tersebut pastikan jika Anda sudah punya kerangka tulisan yang benar agar nantinya bisa membentuk sebuah kesatuan cerita menarik dan berbobot.

Hal ini tentunya juga berlaku untuk karya tulis apapun, baik ilmiah, pendidikan, novel fiksi, dan semacamnya. Sebagai pemula Anda patut mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar naskah bisa menarik di mata penerbit buku. Apalagi jika ternyata karya Anda sangat marketable di pasaran.

  1. Jangan Bosan Mengumpulkan Referensi

Sebagai strategi tambahan, jangan pernah bosan ketika harus mengumpulkan referensi dari berbagai sumber. Terus datangi toko-toko buku untuk melihat best seller dan berbagai buku tema sama agar bisa menciptakan naskah yang akan dibawa ke penerbit.

Sebagai tambahan, sebenarnya Anda juga bisa melakukan penerbitan secara mandiri, jalan ini sudah banyak dipakai oleh penulis pemula maupun lama. Namun lebih rumit dari pada melalui penerbit buku yang menerima penulis pemula.