Uncategorized

Ternyata Sayur Asem Betawi Dan Jawa Berbeda, Berikut Ini Perbedaanya

Summary

Ada masakan sayur khas dari Nusantara yang sering disukai oleh semua kalangan yaitu sayur asem. Rasa dari sayur asem ini agak pedas, asem dan juga gurih. Sehingga dari rasa sayur asem tersebut yang menjadi ciri dari masakan sayuran satu ini. […]

main image

Ada masakan sayur khas dari Nusantara yang sering disukai oleh semua kalangan yaitu sayur asem. Rasa dari sayur asem ini agak pedas, asem dan juga gurih. Sehingga dari rasa sayur asem tersebut yang menjadi ciri dari masakan sayuran satu ini. Apa lagi harga bumbu sayur asem juga cukup murah, sehingga bisa sering membuatnya. Selain itu, isi dari sayur asem ada ada macam jenis sayuran. Dari masing-masing daerah juga memiliki hidangan sayur asem khas. Jadi jangan mengira setiap sayur asem pada setiap daerah sama. Dikarenakan terdapat beberapa perbedaan antar tiap sayur asem tersebut dari berbagai daerah. Berikut ini ada perbedaan apa saja yang ada antara hidangan sayur asem dari Jawa dan dari Betawi.

Kuah Sayur Asem

Salah satu perbedaan bisa dilihat dari kuahnya sayur asem tersebut. Dari segi kuah bahkan bisa dilihat sangat berbeda kedua jenis sayur asem. Keduanya sebenarnya sangat berbeda karena kuah sajian sayur asem dari khas Jawa warnanya lebih bening atau putih. Sedangkan jenis sayur asem yang dari Betawi, warnanya lebih keruh dan merah sedikit. Hal tersebut dikarenakan sayur asem tersebut terdapat tambahan terasi, kemiri, dan juga cabai merah. Sehingga kita bisa lihat perbedaan sayur asem dari kuahnya seperti apa.

Isian Sayur Asem

Jenis sayur yang digunakan pada sayur asem khas Jawa dan juga Betawi sebenarnya tidak terlalu berbeda, berbeda dengan kuah sayur asemnya yang berbeda. Sayuran yang biasanya digunakan untuk hidangan sayur asem khas Betawi yaitu seperti melinjo, buncis, jagung manis, labu siam, kacang tanah dan wortel. Kacang tanah ini juga yang masih ada bungkus kulit arinya. Sementara sayur asem dari Jawa ada tambahan bahan lain seperti yang sudah disebut sebelumnya yaitu kemiri, terasi, dan baik itu cabai rawit atau pun cabai merah. Sedangkan isian sayuran bisa dibilang sama, yaitu seperti melinjo, kacang tanah, labu siam dan jagung manis.

Jenis Sayur Asem

Tak hanya dari isi, atau kuah sayur asemnya saja, dari jenis sayur asem juga bisa dibilang beragam. Hidangan sayur asem dari Betawi mempunyai beberapa macam versi. Misalnya yaitu sayur oncom, sayur kangkung atau sayur asem dengan jengkol. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis sayur asem lainnya dari Betawi. Sedangkan sajian sayur asem yang dari Jawa, maka ada yang sangat khas dari Jawa Tengah, tetapi ada pula sayur asem yang Jawa Timur-an. Tetapi varian isian sayur asem baik dari Jawa Tengah atau pun dari Jawa Timur yang hampir sama. Ada hal yang membedakan tapi yaitu sayur asem khas Jawa Timur yang identik dengan pemakaian kangkung dan juga timun krai.

Pentingnya Konsumsi Sayuran Termasuk Sayur Asem Untuk Kesehatan

Apa pun itu jenis dan varian sayur asem yang dimakan, tentunya sayur asem ini bisa menyehatkan karena terdiri dari beberapa jenis sayuran. Dengan asupan sayuran, maka bisa memenuhi kebutuhan serat harian. Pada banyak sayuran juga terdapat banyak vitamin termasuk vitamin C. Selain itu, jika kalian tidak suka sayur asem, maka bisa coba biasakan konsumsi sayur lain. Banyak memang orang-orang yang lebih suka sayuran seperti sayur kangkung, daun singkong dan sebagainya dari pada sayur asem. Hal tersebut bisa dikarenakan rasa asemnya yang tidak cocok dengan lidah mereka. Tetapi ada juga yang bahkan malah menyukai sayur asem sebagai sayur yang paling disukanya.