Uncategorized

Tips Merawat Behel Agar Tetap Nyaman

Summary

Tips Merawat behel agar tetap nyaman – mempunyai penampilan yang menarik dan nyaman di depan semua orang tentu sangat kita inginkan. Salah satunya dari gigi kita. Kondisi gigi yang kurang rapi membuat orang sering kurang percaya diri. Agar gigi bisa […]

Tips Merawat behel agar tetap nyaman – mempunyai penampilan yang menarik dan nyaman di depan semua orang tentu sangat kita inginkan.

Salah satunya dari gigi kita. Kondisi gigi yang kurang rapi membuat orang sering kurang percaya diri. Agar gigi bisa menjadi rapi kembali, salah satunya caranya dengan menggunakan behel.

Behel atau kawat gigi adalah salah satu cara untuk merapikan kondisi gigi yang kurang beraturan. Gigi nantinya akan dokter pasang seperti kawat yang khusus untuk metode kawat gigi.

Pemakaian kawat gigi tetap harus anda imbangi dengan perawatan secara rutin. Karena jika tidak mendapatkan perawatan secara rutin kawat gigi justru dapat memperburuk kondisi gigi.

Lalu apa saja yang sebaiknya kita lakukan agar kawat gigi atau behel di bandung tetap dapat awet? Berikut tipsnya

  1. Pasang behel anda di dokter gigi terpercaya

Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan layanan untuk memasang kawat gigi. Akan tetapi layanan tersebut belum tentu aman. Kita tidak tahu apakah bahan yang mereka gunakan aman atau tidak. Jika anda salah memilih bukannya memperbaiki kondisi gigi, pemasangan kawat gigi atau behel dapat berakibat pada timbulnya masalah baru.

Pemasangan kawat lebih baik anda lakukan di tempat tempat yang terpercaya seperti di dokter gigi ortodonti. Dengan memasang kawat gigi di dokter ortodonti, kualitas kawat gigi anda dapat terjamin. Selain itu, pemasangan kawat gigi ada kepastian jika pemasangannya sesuai standar yang berlaku.

  1. Rajin – rajin sikat gigi anda.

Pada awal pemakaian kawat gigi akan timbul rasa nyeri yang cukup mengganggu. Selain itu beberapa kegiatan seperti makan, minum, menggerakkan mulut juga akan cukup sulit. Walaupun demikian anda tetap harus menjaga kebersihan gigi. Kebersihan gigi tentu kita jaga dengan tetap menyikat gigi kita. Paling tidak dalam sehari kita harus tetap menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari.

  1. Pakai sikat gigi khusus

Dengan memakai behel, gigi kita akan semakin banyak sela sela yang harus kita bersihkan karena dapat membuat makanan tersangkut disana. Memakai sikat gigi biasa terkadang akan membuat sela sela tersebut tidak bersih secara maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan sikat gigi yang khusus untuk pemakai kawat gigi.

Untuk orang dengan kawat gigi, banyak dokter yang merekomendasikan untuk memakai sikat gigi dengan ukuran yang kecil. Sikat gigi ukuran kecil akan membuat jangkauan ke sela sela gigi menjadi lebih mudah.

  1. Siapkan benang gigi

Untuk pengguna kawat gigi juga harus menyiapkan benang gigi. Benang gigi ini nantinya akan anda gunakan untuk membantu menjaga kebersihan gigi dan gusi. Benang gigi ini nantinya dapat anda gunakan untuk membersihkan sela sela kawat gigi anda.

  1. Menjaga makanan yang anda konsumsi

Pengguna kawat gigi juga perlu memperhartikan makanan yang mereka konsumsi. Beberapa makanan dapat mengganggu posisi kawat gigi yang ada. Beberapa makanan yang perlu anda hindari untuk sementara antara lain:

  1. Makanan keras : roti keras, apel, dan sejenis kacang – kacangan.
  2. Makanan yang lengket : caramel, permen, dan permen karet.
  3. Makanan manis
  4. Makanan renyah : popcorn dan es batu.
  5. Segera konsultasi dengan dokter jika bracket membuat tidak nyaman.

Pada saat memakai bracket, terkadang akan timbul rasa tidak nyaman. Bracket dapat mengganjal di mulut dan terkadang yang terparah dapat membuat sariawan. Jika terus anda biarkan akan membuat anda tersiksa. Segera konsultasi dengan dokter jika hal tersebut terjadi.

  1. Secara rutin lakukan monitoring pada gigi dan rongga mulut.

Kunjungan secara rutin ke dokter sangat anda perlukan. Selain kunjungan yang bertujuan untuk penggantian bagian kawat gigi, kunjungan juga anda perlukan agar dokter dapat memantau kondisi gigi, gusi, dan rongga mulut anda. Jika terdapat kotoran dokter akan membersihkannya. Dokter juga nantinya akan menilai apakah anda sudah bisa lanjut ke tahapan perawatan selanjutnya atau tidak.

Mungkin itu saja Tips Merawat behel agar tetap nyaman yang dapat kita berikan untuk anda. Walaupun anda sudah menggunakan kawat gigi, kebersihan gigi dan mulut tetap harus anda jaga agar anda tetap sehat dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.