Uncategorized

4 Perbedaan SMA dan SMK yang Harus Kamu Ketahui

Summary

Memutuskan untuk melanjutkan ke SMA atau SMK haruslah dipertimbangkan dan dipikirkan baik-baik. Bila kamu salah memilih maka akan berakibat buruk pada masa depan kamu.  Karena itu penting buat kamu ketahui perbedaan keduanya, agar kamu bisa tentukan pilihanmu dengan matang. Perbedaan […]

Memutuskan untuk melanjutkan ke SMA atau SMK haruslah dipertimbangkan dan dipikirkan baik-baik. Bila kamu salah memilih maka akan berakibat buruk pada masa depan kamu.  Karena itu penting buat kamu ketahui perbedaan keduanya, agar kamu bisa tentukan pilihanmu dengan matang.

Perbedaan SMA dan SMK

  1. Lama Masa Pendidikan

Pada dasarnya sekolah di SMA dan SMK itu punya waktu yang relatif sama dalam menempuh pendidikan yaitu 3 tahun. Namun ada beberapa jurusan di SMK yang perlu praktek lebih lama, sehingga mengharuskan siswanya menempuh pendidikan selama 4 tahun.

  1. Mata Pelajaran yang Dipelajari

SMA lebih cenderung mempelajari mata pelajaran yang bersifat umum. Sedangkan SMK mempelajari pelajaran yang spesifik dan mendalam sesuai jurusan yang diambil

  1. Peluang Masa Depan

Siswa lulusan SMK telah siap dan matang untuk terjun ke dunia kerja. Hal ini karena telah dibekali banyak praktek mengenai kegiatan dan aktivitas pada dunia kerja. Ditambah lagi adanya pengalaman dari kegiatan magang sebelum lulus sekolah.

Sedangkan siswa lulusan SMA keahliannya terbatas karena kurangnya praktek saat menempuh pendidikan, dan tidak adanya kegiatan magang. Sehingga biasanya lulusan SMA kesulitan mendapatkan pekerjaan yang sesuai bakat dan minatnya.

  1. Biaya Sekolah

SMK adalah sekolah yang fokus mendidik siswanya untuk terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus. Karena itu pelajaran yang diterapkan pun lebih banyak praktek daripada teori.

Hal ini menyebabkan biaya sekolah di SMK lebih mahal di banding SMA yang lebih banyak mempelajari teori dibanding kegiatan praktek.

Sudah tahu kan sekarang bedanya SMA dan SMK, jadi bagaimana pilih SMA atau SMK nih?

Terima kasih pada anda yang udah membaca artikel ini hingga usai. Saya ingin anda dapat mengerti benar dengan keterangan dari kami. Serta ingat buat berbagi artikel ini agar orang orang ketahui begitu keutamaan info yang kami berikan.

Begitu merupakan keterangan yang kami uraikan di kesempatan kesekian kali ini. Apabila anda ada pertanyaan sekitar topik yang berkaitan dengan artikel ini, anda dapat berkunjung blog kami di pusatilmupengetahuan.com. Di web itu anda dapat mendapati artikel yang lebih komplet kembali dengan pengkajian yang serupa.

Saya ingin, mudah-mudahan anda mengetahui dengan keterangan yang kami bahas di artikel ini. Kalau anda ada yang bingung, anda dapat tinggalkan opini di kotak kometar yang udah ada. Yakinkan pula baca baca rujukan kembali di blog yang sudah kami kasih di info awal mulanya.