5 Langkah Mudah Kredit HP di Toko Pake Kredivo

Kalo dulu, datang ke toko HP buat kredit masih pakai cara manual. Isi data diri, verifikasi, survei, baru bisa proses kredit. Sekarang, semua proses tersebut sudah mengarah ke kredit online. Dimana, kita harus daftar akun dulu lewat aplikasi, punya limit, baru bisa datang ke toko dan bayar lewat aplikasi kredit online terkait. Hal ini membuat proses kredit di toko menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien.

Dari sekian banyak layanan kredit online, Kredivo adalah salah satu aplikasi yang menyediakan fitur dan layanan untuk transaksi di toko offline. Buat kamu yang butuh kredit HP baru, alat elektronik, atau sejenisnya, tapi ragu-ragu atau takut ditipu mau beli di e-commerce, layanan ini bisa jadi solusi yang terbaik. Jadi bisa liat-liat barang, tanya-tanya, kalo udah yakin baru deh dibungkus. Lebih aman.

Banyak orang mungkin belum tau, gimana sih caranya transaksi kredit HP di toko tapi bayarnya pake kredit online? Bukannya kalo kredit online itu artinya kita beli barangnya juga online? Nah, supaya menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini saya jelasin panduannya buat kamu berdasarkan pengalaman saya sendiri menggunakan Kredivo. Disimak yaa.

Registrasi akun Kredivo & pastikan limit mencukupi

Biasanya, kredit online sejenis Kredivo menawarkan dua cara registrasi kalo pembeliannya di toko offline. Bisa dari rumah daftar dulu, atau daftar di toko. Tapi, kalo nggak mau ribet, saya sih nggak nyaranin datang ke toko dulu baru daftar. Lebih baik, download dulu aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store jauh-jauh hari terus daftar deh.Kenapa?

Sebab, setelah daftar, kita masih harus nunggu proses approval tuh kira-kira 1 x 24 jam. Ada kemungkinan juga pendaftaran kita ditolak. Makanya, lebih baik pastikan dulu akun kita udah disetujui dan ada limitnya. Tanpa dua hal ini, proses/langkah kredit selanjutnya tentu nggak bisa jalan.

Enaknya di Kredivo, limit kreditnya tuh lebih gede dibanding aplikasi kredit online lain. Maksimal bisa sampe Rp 30 juta, terutama kalo kita daftarnya akun Premium. Ya kalo nggak dapet angka maksimal pun, dua digit awal kayak Rp 10 juta atau Rp 15 juta aja menurut saya udah lumayan sih.

Apa syaratnya daftar Kredivo?

Pertama, kamu harus berusia minimal 18 tahun. Kedua, kamu sudah bekerja dan punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. Ketiga, kamu berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Riset harga dan spesifikasi HP yang diinginkan lewat berbagai sumber

Di langkah kedua ini, saya asumsikan kamu udah punya akun & limit ya. Udah aman dan bisa lanjut buat kredit. Tapi jangan buru-buru. Sebab, kamu masih harus melakukan riset harga dan spesifikasi yang diinginkan lewat berbagai sumber. Biar tau harga & bisa dapat yang oke pas kredit. Yang paling penting: pastikan jumlah limit yang kamu dapat, sesuai dengan HP yang dimau. Kalo enggak, ya nggak bisa dong.

Sebelum datang ke toko, kamu bisa riset harga HP yang diincar lewat e-commerce terutama. Gampang kan tinggal searching-searching, bandingin dari e-commerce satu ke e-commerce yang lain. Kalo udah tau kisarannya, bikin deh rencana buat datang ke toko offline. Tapi, perlu diingat ya kalo ada kemungkinan harga di online dan di toko akan berbeda. Biasanya, harga toko akan lebih mahal karena ada beban biaya operasional, dll.

Datangi toko offline rekanan Kredivo yang jadi pilihanmu

Selain bermitra dengan e-commerce, Kredivo juga punya banyak mitra toko offline nih. Contohnya, kalo mau kredit HP ada Erafone, Samsung Store, Xiaomi Store, Electronic City, Best Denki, dll. Tinggal pilih aja, mau datang ke toko offline yang mana?

Jangan lupa, bawa HP yang ada aplikasi Kredivo dan pastikan kamu udah login. Sebab, lewat aplikasi dan akun itulah nantinya kamu akan melakukan pembayaran transaksi di toko yaa.

Konsisten dengan pilihan HP di awal & proses transaksi

Di toko HP kamu mungkin akan mendapat banyak godaan karena berbagai jenis HP yang tersedia. Tadinya mau HP A yang harganya murah, pas liat-liat lagi pengennya yang lebih mahal karena lebih keren. Tahan, ya! Bukan cuma perkara limitnya cukup apa enggak aja, tapi pertimbangkan juga kemampuan finansial kamu untuk bayar cicilan kreditnya. Makin mahal harga HP yang dibeli, akan makin besar juga cicilan bulanannya.

Tetaplah konsisten pada pilihan HP di awal yang sudah diriset. Selanjutnya, proses transaksi di toko dan katakan kamu ingin kredit pakai Kredivo.

Lakukan pembayaran di kasir menggunakan aplikasi Kredivo

Toko akan memproses pembayaran kamu ke kasir. Yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Buka aplikasi Kredivo-mu.
  2. Pilih menu “Pay with QR”.
  3. Kemudian scan QR Code yang diberikan kasir saat pembayaran.
  4. Masukkan nominal pembayaran sesuai jumlah yang diberikan kasir.
  5. Pilih tenor yang kamu inginkan (3, 6, atau 12 bulan). Di tahap ini kamu juga bisa melihat simulasi cicilan per tenor (sudah termasuk bunga cicilan 2,6% per bulan)
  6. Masukkan PIN akun Kredivo-mu lalu klik “Bayar”.
  7. Masukkan kode OTP, lalu klik “Verifikasi Transaksi”.
  8. Transaksi selesai, HP siap dibawa pulang.

Gimana, gampang, kan?