Lifestyle

5 Manfaat Minuman Coklat untuk Anak

Summary

Selain rasanya yang enak, ternyata minuman coklat juga memiliki sederet manfaat yang sangat baik untuk tubuh anak-anak. Salah satu minuman coklat yang memiliki kandungan gizi sangat baik adalah MILO. Oleh karena itu, membiasakan anak untuk meminum coklat secara rutin setiap […]

5 Manfaat Minuman Coklat untuk Anak

Selain rasanya yang enak, ternyata minuman coklat juga memiliki sederet manfaat yang sangat baik untuk tubuh anak-anak. Salah satu minuman coklat yang memiliki kandungan gizi sangat baik adalah MILO. Oleh karena itu, membiasakan anak untuk meminum coklat secara rutin setiap hari dapat membantunya tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. Lalu, apa saja manfaat dari minuman tersebut?

Manfaat Minum Coklat untuk Anak-Anak

  1. Membuat anak menjadi lebih berani

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa minuman cokelat bisa membuat anak menjadi berani? Menurut fakta, cokelat memiliki kandungan Phenylethylamine yang berfungsi untuk meningkatkan adrenalin pada tubuh. Saat adrenalin anak meningkat, pasokan energi di dalam tubuh juga akan ikut naik dan membuat anak menjadi bersemangat dan lebih berani. Dengan keberanian ini, mereka akan lebih optimal dalam berbagai aktivitas fisik.

  1. Membuat anak menjadi lebih tenang

Selain berani, dengan minum cokelat secara teratur, anak juga bisa menjadi lebih tenang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Loma Linda University Adventist Health Science Centre, universitas yang berada di Amerika Serikat, cokelat memiliki kandungan kakao yang berfungsi untuk menurunkan level stres dan juga gugup pada anak. Memberikan minuman cokelat sebelum anak bertanding akan membuat mereka tenang ketika berlaga nantinya.

  1. Membuat anak menjadi lebih ceria

Selanjutnya, minuman cokelat juga memiliki manfaat membuat anak menjadi lebih riang dan ceria. Hal ini disebabkan oleh aroma dari cokelat itu sendiri. Aroma cokelat dipercaya dapat meningkatkan gelombang otak theta yang membuat anak menjadi lebih bahagia dan tenang. Ketika anak bahagia, segala aktivitas yang dilakukan seharian akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

  1. Membuat anak lebih berenergi

Masa kanak-kanak adalah masa ketika mereka sedang aktif-aktifnya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dibutuhkan energi yang tidak sedikit agar anak tidak mudah lelah ketika melakukan eksplorasi tersebut. Meminum cokelat bisa menjadi salah satu solusi agar anak tetap terjaga asupan energinya. Sebagai contoh, MILO memiliki kandungan kalsium, vitamin B kompleks, protein, dan nutrisinya yang mampu membuat anak lebih berenergi.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat minuman cokelat yang terakhir adalah mampu menyehatkan jantung anak. Cokelat terbuat dari biji kokoa yang terdapat kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan tersebut mempunyai kandungan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Flavonoid ini juga berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesensitifan insulin. Dengan begitu, anak akan terhindar dari penyakit kronis ketika sudah dewasa nanti seperti penyakit jantung maupun diabetes.

Kini Anda sudah tahu tentang betapa luar biasanya manfaat dari minuman cokelat. Yang perlu menjadi catatan adalah berikan minuman cokelat dengan porsi dan takaran yang tepat. Terlalu banyak mengonsumsi cokelat juga tidak baik untuk kesehatan anak. Dengan porsi yang tepat, manfaat akan lebih maksimal didapat.