Bisnis Online

Apa Saja Jenis-Jenis Content Marketing ?

Summary

Kita sudah mengetahui pengertian dan manfaat content marketing. Sekaran kita bahas apa saja jenisnya? Ada banyak tipe pemasaran konten dikarenakan ada tipe konten – amat banyak untuk dibahas di sini. Jenis-jenis content marketing –sebagaimana konten media terhadap umumunya– meliputi teks […]

Kita sudah mengetahui pengertian dan manfaat content marketing. Sekaran kita bahas apa saja jenisnya?

Ada banyak tipe pemasaran konten dikarenakan ada tipe konten – amat banyak untuk dibahas di sini. Jenis-jenis content marketing –sebagaimana konten media terhadap umumunya– meliputi teks (artikel/tulisan), gambar atau foto, audio (podcast), dan video, termasuk infografis, animasi, dan juga e-book dan e-magazine.

Nah, buat anda yang berencana terjun sebagai Content creator berikut jenis jenis content marketing yang perlu anda tahu :

 

1. Infografis

Berasal dari kata Infographics di dalam Bahasa Inggris –gabungan kata Information + Graphics, infografis adalah gambar berisi informasi. Sebuah rancangan atau Info dapat lebih menarik serta lebih mudah dan cepat dipahami di dalam format ini.

Membuat infografis adalah percampuran pada skill desain, asumsi informasi, dan storytelling yang merupakan kunci dari infografis.

Infografis biasanya adalah sebuah grafik yang panjang dan vertikal yang termasuk statistik, grafik, dan Info lainnya. Lihat Contoh Infografis Pemasaran Konten yang dikuratori oleh Michael Schmitz, kepala Content Lab di Publicis, Munich.

Infografis sanggup jadi efisien terkecuali sanggup menyebar di media sosial dan diposting di web site web site sepanjang bertahun-tahun. Ada termasuk persoalan mempromosikan infografis itu kepada blogger dan media atau memicu papan (board) di Pinterest.

 

2. Website – Halaman web

Contoh content marketing bersifat halaman web site pada lain Panduan Pemula untuk SEO dari Moz, penyedia alat dan sumber kekuatan perihal SEO. Sumber kekuatan ini, ditawarkan secara gratis, sudah dicermati jutaan kali, mendatangkan pelanggan yang tak termasuk jumlahnya yang kemungkinan tidak dapat pernah menemukan Moz dan fasilitas yang mereka tawarkan.

Itulah perbedaan pada cuma menempatkan konten di web site web site Anda, dan pemasaran konten. Moz share tips dan tool seputar SEO secara gratis, tapi termasuk sediakan “layanan premium”.

 

3. Podcast

Podcast adalah serangkaian file audio digital kata yang diucapkan secara episodik yang sanggup diunduh pengguna ke perangkat privat agar mudah didengarkan.

Michael Hyatt, penulis buku terlaris Platform: Get Noticed in a Noisy World, mempraktikkan apa yang ia sampaikan. Podcast “This is Your Life” miliknya diunduh 250.000 kali setiap bulan.

Hyatt memberi tambahan Info dan petunjuk miliki nilai di podcastnya – seutuhnya gratis. Tapi podcast itu mengarah ke lebih banyak penjualan buku-bukunya, mendaftar untuk kursusnya, dan berharap dia sebagai pembicara.

 

4. Video

Gary Vaynerchuk adalah master pemasaran konten menggunakan video online, memandang saja saluran YouTube-nya. Dia jadi memicu video untuk mempromosikan toko anggur keluarganya dan melalui video-video itu dan pemasaran online lainnya.

Pemasaran konten video amatir sudah digunakan untuk menjajakan blender, meluncurkan produk gigi baru, dan memasarkan fasilitas konsultasi visa Hong Kong.

 

5. Buku

Seperti film, orang kerap berasumsi buku sebagai menjajakan diri mereka sendiri, tapi pemasar yang cerdas tidak menjajakan buku cuma untuk menjajakan buku, mereka menjajakan buku sebagai alat pemasaran.

Manual penjualan Michael Port, Book Yourself Solid adalah bacaan yang bagus untuk pengusaha, wiraniaga, dan pemasar, dan kala aku yakin Port bahagia menjajakan bukunya, buku ini adalah alat untuk mengarahkan pelanggan ke fasilitas pelatihan dan bicaranya.

Meskipun dengan menerbitkan sendiri lebih mudah dari sebelumnya untuk menerbitkan buku, masih tersedia persepsi bahwa itu sukar dan cuma profesional yang punya reputasi baik yang sanggup menerbitkan buku bisnis.

Publikasikan milik Anda, dan apalagi terkecuali orang tidak membacanya, Anda masih sanggup menggunakannya sebagai bentuk pemasaran konten setiap kali Anda diperkenalkan sebagai “Penulis …”

 

Itu cuma lebih dari satu contoh pemasaran konten. Contoh lainnya adalah white paper, ebooks, apps, public speaking, presentasi, dan blog.

Level content marketing “tertinggi” adalah Jurnalisme Korporat yakni dengan memicu web site sendiri yang terpisah dari web site resmi. Saya kerap mencontohkan Djarum Black dengan laman BlackXperience-nya.

Demikian pengertian content marketing serta fungsi, jenis, dan contohnya. Pemasaran konten merupakan strategi pemasaran dan kehumasan paling efektik di jaman kini dan jaman depan.*