Lifestyle Others

Arti Misi Yang Jelas, Jenis Misi, Berbagai Komponen Pernyataan Misi

Summary

Arti Misi Yang Jelas, Jenis Misi, Berbagai Komponen Pernyataan Misi Pentingnya Misi Yang Jelas Misi adalah titik awal untuk merencanakan tugas-tugas manajemen dan, di atas segalanya, untuk merancang struktur manajemen sehingga misi menjadi dasar bagi prioritas, strategi, rencana, dan perintah […]

Arti Misi Yang Jelas, Jenis Misi, Berbagai Komponen Pernyataan Misi

Arti Misi Yang Jelas, Jenis Misi, Berbagai Komponen Pernyataan Misi

Pentingnya Misi Yang Jelas

Misi adalah titik awal untuk merencanakan tugas-tugas manajemen dan, di atas segalanya, untuk merancang struktur manajemen sehingga misi menjadi dasar bagi prioritas, strategi, rencana, dan perintah kerja.
Pernyataan misi yang jelas sangat penting untuk menetapkan tujuan dan merumuskan strategi.
King dan Cleland merekomendasikan perusahaan mengembangkan pernyataan misi karena alasan berikut:

  • Memastikan tujuan dasar organisasi
  • Menyediakan landasan atau standar untuk alokasi sumber daya dalam organisasi
  • Penciptaan kondisi atau iklim kerangka organisasi
  • Menjadi poin terpenting bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah organisasi.
  • Memfasilitasi pelaksanaan tujuan dalam struktur kerja yang mencakup penugasan kepada unsur-unsur tanggung jawab dalam organisasi
  • Memberikan tujuan dasar organisasi dan kesempatan untuk menerjemahkan tujuan dasar ini menjadi tujuan sedemikian rupa sehingga parameter waktu, biaya dan kinerja dapat dinilai dan dikendalikan.

 

Sifat Misi

Sebuah pernyataan misi lebih dari sekedar pernyataan rinci dan konkret. Pernyataan misi tentang tujuan unik dan bidang kegiatan yang terkait dengan produk dan persyaratan pasar. Misi strategis memberikan informasi umum tentang produk yang ingin diproduksi perusahaan dan pasar yang akan dilayaninya dengan kompetensi inti internalnya.
Misi yang efektif akan memberdayakan individu dan menjadi semangat, inspirasi, dan relevan bagi para pemangku kepentingan.
Karakteristik misi harus mencerminkan:

1. Pernyataan Sikap, Misi adalah pernyataan sikap dan pandangan dengan ruang lingkup yang luas meliputi:

  • Pernyataan misi yang baik memungkinkan untuk merumuskan dan memikirkan tujuan dan strategi alternatif yang layak tanpa merusak kreativitas manajemen. Di sisi lain, misi yang terlalu spesifik dan membatasi potensi pertumbuhan organisasi terlalu umum, yang membuat strategi alternatif menjadi tidak berfungsi.
  • Pernyataan misi harus cukup luas untuk secara efektif menggabungkan perbedaan dan menangani kelompok kepentingan yang berbeda. Pemangku kepentingan mempengaruhi strategi organisasi dan dipengaruhi olehnya, tetapi persyaratan dan ide yang berbeda seringkali bertentangan.
  • Misi yang efektif harus menghasilkan perasaan positif dan emosi positif bagi organisasi.
  • Menginspirasi dan memotivasi Anda untuk bertindak.
  • Menimbulkan kesan bahwa organisasi berhasil, memiliki arah dan setiap saat membutuhkan dukungan dan investasi dari semua pemangku kepentingan.
  • Misi juga harus dinamis

2. Orientasi pelanggan, pernyataan misi yang baik menggambarkan tujuan dasar, pelanggan, produk, pasar, filosofi, basis teknologi. Misi yang baik harus:

  • Mencerminkan harapan pelanggan, selalu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan dan kemudian menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Ketika manfaat produk bagi pelanggan diidentifikasi, misi tidak fokus pada produk, tetapi pada fungsi atau kegunaan atau kebutuhan.

3. Deklarasi tentang kebijakan sosial (social responsibility), merupakan peringkat tertinggi dari filosofi dan pemikiran para pendiri organisasi dan manajemen. Kepedulian sosial mensyaratkan bahwa secara strategis tidak hanya berkomitmen pada kelompok kepentingan, tetapi juga sama pentingnya bagi pelanggan, pencinta lingkungan, kelompok minoritas, publik, dan kelompok lainnya. Kebijakan sosial memiliki pengaruh langsung pada pelanggan, produk, pasar, teknologi, profitabilitas, citra diri, citra publik. Kebijakan sosial harus diintegrasikan ke dalam semua kegiatan manajemen strategis, termasuk pengembangan misi.

 

Berbagai Komponen Pernyataan Misi

Menurut David, Fred R. (2009:102) ada sembilan karakteristik yang perlu diringkas dalam misi perusahaan, dan karena misi perusahaan merupakan bagian dari proses manajemen strategis yang tersedia untuk publik, maka misi perusahaan harus menjadi Berikut ini meliputi: sembilan komponen utama yang terdiri dari:

  • Pelanggan: Misi harus secara eksplisit menyatakan siapa pelanggan untuk produk perusahaan
  • Produk atau layanan: Dalam hal ini, perusahaan harus secara eksplisit menyatakan produk atau layanan mana yang diproduksi oleh perusahaan.
  • Pasar: Pernyataan ini menggambarkan pasar di mana produk perusahaan bersaing dengan produk pesaing.
  • Teknologi: Pernyataan misi menunjukkan arah pengembangan teknologi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Concern for survival, growth, and profitablility :  dalam hal ini pernyataan misi menunjukkan secara jelas komitmen perusahaan terhadap kelangsungan hidup perusahaan, pertumbuhan dan kemampuan untuk menghasilkan laba (Profitabilitas).
  • Philosophy : misi akan menjelaskan kepercayaan (beliefs), nilai (values), aspirasi, dan prioritas etis dari perusahaan.
  • Self Concept : misi akan menjelaskan apa yang menjadi kompetensi unggulan (distinctive competences) dari perusahaan  dibandingkan pesaingnya.
  • Concern for public image : misi akan menunjukan apa kah perusahaan memiliki respons terhadap masalah-masalah sosial, kemasyarakatan maupun terhadap masalah lingkungan.
  • Concern for employees : dalam hal ini pernyataan misi akan  menunjukkan apakah karyawan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan.

Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarPengetahuan.Co.Id