Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Pengertian BUMN,BUMS,DAN Koperasi Beserta Peranan Badan Usaha Milik Negara( BUMN),Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), Dan Koperasi Dalam Perekonomian  Nasional. - www.edukasinesia.com

BUMS merupakan kependekan dari Badan Usaha Milik Swasta. BUMS adalah jenis usaha yang pemilik perusahaan atau modal usaha sebagian besar dipegang oleh pihak swasta atau non pemerintah.

Biasanya BUMS didirikan dengan tujuan untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya dan menyediakan lapangan kerja secara luas untuk para tenaga kerja di Indonesia.

Meskipun bukan lembaga pemerintah, tetapi BUMS memiliki tanggung jawab penuh dan wajib mengikuti peraturan yang sudah dibuat pemerintah.

Jika mereka tidak mematuhi peraturan, maka pemerintah memiliki wewenang untuk mencabut izin usahanya.

Ciri khas dari BUMS yang paling menonjol adalah tidak diperkenankan menjadi perusahaan yang mengelola sumber yang sangat vital di Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, seperti listrik, bahan bakar minyak, dan lain sebagainya.

Sedangkan, BUMN ((Badan Usaha Milik Negara) adalah perusahaan yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh pemerintah. Selain itu, BUMN didirikan atas dasar kepentingan masyarakat serta dikembangkan guna memajukan perekonomian nasional.

Perbedaan BUMN dan BUMS

  • BUMS merupakan perusahaan yang bisa mengelola bisnis apa pun di luar sektor vital. Sementara BUMN biasanya hanya mengelola sumber daya yang sangat vital atau penting, yang menyangkut hajat orang banyak.
  • BUMS memiliki orientasi untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin. Sedangkan BUMN, tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata, tetapi juga berkeinginan untuk melayani masyarakat, menambah pemasukkan Negara, dan ikut andil dalam pembangunan nasional secara keseluruhan.
  • BUMS mendapatkan modal dari cara usahanya sendiri, yang biasanya diperoleh dari laba atau pinjaman ke perbankan. Sementara BUMN memperoleh modal selain diambil dari kas Negara juga dari pinjaman perbankan.

 

Tujuan BUMS

  1. Membangun Perekonomian Negara

Meskipun berorientasi pada profit, tetapi BUMS juga memiliki tujuan untuk membangun perekonomian bangsa. Caranya adalah dengan membayar pajak pada Negara secara rutin, dan hal ini merupakan menjadi salah satu sumber pemasukkan negara yang cukup signifikan.

 

  1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Seperti yang diketahui angka pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi, maka dari itu dengan hadirnya BUMS mampu menyediakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia. Sehingga kehadiran BUMS sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran di Tanah Air.

 

  1. Meningkatkan Pemasukkan Negara

Untuk perusahaan swasta yang berkecimpung di dunia ekspor dan impor, dapat ikut meningkatkan pemasukkan Negara melalui devisa. Karena bagaimanapun BUMS merupakan perusahaan yang selalu berupapaya melakukan inovasi dan ekspansi demi memajukan usahanya yang lebih besar lagi.

 

Fungsi dan Peranan BUMS

  1. Bekerja Sama Dengan BUMN

Dalam hal ini, BUMS bisa bekerja sama dengan BUMN yang bertujuan untuk saling menguntungkan. Sebagai contoh, pihak BUMS menyediakan pelatihan untuk para pelaku UMKM yang semua itu dilakukan atas kerjasama dengan BUMN.

 

  1. Menyediakan Produk Nasional

BUMS bisa menyediakan kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya di sektor pangan. Misalnya adalah beras, tepung, gula, dan kebutuhan pokok lainnya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari.

 

  1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Lapangan pekerjaan tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Karena dengan bekerja, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

Bukan hanya oleh pemerintah saja, lapangan pekerjaan juga bisa disediakn oleh swasta. Bukan hanya di pusat, bahkan sampai ke pelosok desa.

 

  1. Menambah Kas Negara

Pajak merupakan salah satu sumber pemasukkan bagi kas negara. Pajak bisa diperoleh dari BUMS yang membayar pajak secara rutin. Pemasukkan dari pajak ini bisa digunakan pemerintah untuk pembangunan dan kepentingan masyarakat banyak.