Bagaimana Cara Kerja Pelembab Kulit

www.nivea.co.id – Krim pelembab tubuh membuat lapisan tipis pada kulit yang mencegah kita kehilangan air, sehingga menjaga hidrasi.

Bagaimana cara kerja pelembab untuk tubuh?

Ketika berbicara tentang krim pelembab tubuh, kebanyakan orang berpikir untuk menambahkan air ke kulit. Namun, kami akan mencoba menjelaskan cara kerja krim ini secara mendalam.

Pertama-tama, kita harus tahu bahwa pelembab untuk tubuh tidak menambahkan air ke kulit. Anda tidak bisa memasukkan air ke dalam kulit di luar lapisan yang paling dangkal. Juga, jika Anda mengoleskan air ke kulit, itu akan menguap, mengambil lebih atau kurang tergantung pada senyawa lain dalam krim.

Kami telah menyebutkan bahwa Anda tidak dapat memasukkan air ke dalam kulit di luar lapisan yang paling dangkal, tetapi apakah lapisan itu?Dan di atas segalanya, apakah kita tahu persis apa itu kulit?

Kulit adalah organ tubuh yang lebih besar. Salah satu fungsi utamanya adalah bertindak sebagai penghalang pelindung terhadap segala jenis bahaya: bakteri, zat kimia, dan suhu ekstrem. Untuk mempertahankan diri terhadap bakteri, kulit mampu melepaskan berbagai sekresi.

Kulit memiliki kemampuan untuk memproduksi melanin, yaitu pigmen alami yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap sinar ultraviolet yang dapat merusak sel.

Fungsi penting lainnya dari kulit adalah pengaturan suhu tubuh. Ketika kulit terkena suhu dingin, pembuluh darah di dermis berkontraksi dan terjadi vasokonstriksi.

Selain fungsi perlindungan, ia juga melakukan fungsi lain seperti:

Menyimpan air dan lemak.

Berfungsi sebagai organ sensorik.

Mencegah kehilangan air.

Kami sarankan Anda membaca: 15 obat untuk menyembuhkan jamur kulit

Di seluruh tubuh, karakteristik kulit bervariasi. Misalnya, kepala mengandung lebih banyak folikel rambut daripada di tempat lain, sedangkan telapak kaki tidak memilikinya. Selain itu, telapak kaki dan telapak tangan merupakan area yang kulitnya lebih tebal.

Organ ini terdiri dari 3 lapisan. Masing-masing memiliki fungsi tertentu. Yang pertama kita temukan adalah epidermis, yang kedua dermis dan akhirnya lapisan lemak subkutan.

Epidermis adalah lapisan kulit terluar dan tertipis, tempat kami mengoleskan krim pelembab tubuh. Lapisan ini terdiri dari tiga jenis sel:

Sel skuamosa: mereka adalah yang paling eksternal.

Sel basal: mereka tepat di bawah yang sebelumnya.

Melanosit: mereka hadir di semua lapisan epidermis dan membentuk melanin, bertanggung jawab untuk memberi warna pada kulit.

Lapisan selanjutnya adalah dermis. Lapisan ini disatukan oleh protein yang disebut kolagen, yang diproduksi oleh fibroblas. Fungsi dari lapisan ini adalah untuk memberikan kelenturan dan kekuatan pada kulit. Di dalam dermis terdapat pembuluh darah, pembuluh limfatik, folikel rambut, kelenjar keringat, kolagen, fibroblas, dan saraf.