Chipset Snapdragon 8 gen 1, Hebat Sich Tetapi Kok Beresiko

Rupanya ada bahasa yang memberikan ancaman privacy dari chipset terkini bikinan Qualcomm namanya Snapdragon 8 gen 1.

Yap, Qualcomm barusan menambah Sistem on Chip (SOC) terkini pada Snapdragon 8 gen 1.

Namun dikutip dari The Verge, tehnologi terbarukan pada chipset bikinan Qualcomm itu malah mencelakakan privacy pemakainya.

Mengapa begitu? argumennya simpel. Chipset itu tidak cuma bawa peralihan pada bidang dapur picu.

Salah satunya elemen yang mendapatkan dampak lumayan besar ada di bidang cameranya.

Serupa dengan Mikrofon Always On

Dengan tehnologi terkini dari Qualcomm itu, camera handphone akan diberi processor pemrosesan gambar (ISP) “Always-On”, sensor penginderaan yang selalu aktif (always-on sensor).

Ini berperan untuk kepentingan buka kunci handphone secara automatis tanpa perlu mengetok-ngetuk monitor seperti umumnya handphone sekarang ini.

Tetapi tahukah kamu bila Always On itu justru mencelakakan pemakai?

Karena camera yang Always On, karena itu handphone bisa merekam semua kegiatan pemakainya, bahkan juga saat tidak sedang buka camera.

Data yang digabungkan feature camera Always-On dicemaskan bisa dibagi ke faksi ke-3 atau disalahpergunakan oleh pelaku yang tidak bertanggungjawab.

Laporan menyebutkan bila feature Always On pada camera piranti yang dipersenjatai dengan Snapdragon 8 gen 1 ini nyaris serupa dengan Mikrofon Always On.

Mikrofon Always On sendiri telah datang di beberapa piranti sepanjang tahun. Peranan dari mikrofon Always On ini ialah mempermudah pemakai untuk memakai perintah suara.

Kamu perlu ucapkan “Oke Google” di awal perintah untuk memberikan perintah seterusnya.

Tetapi tahukah kamu? Google sebagai pemilik Google Assistant sendiri mengaku jika mereka manfaatkan feature ini untuk merekam pemakai secara sembunyi-sembunyi.

Bahkan juga saat kamu tidak ucapkan perintah “Ok Google”. Horor tidak sich?

 

Baca Juga :jasa setting mikrotik Savam

Sumber : jasa setting cisco