Hukum-hukum Berhubungan Suami Istri dalam Islam

Hubungan intim suami istri merupakan salah satu fitah manusia dan usaha pemenuhan seksual agar tidak melampaui batas fitahnya. Hukum-hukum berhubungan suami istri dalam Islam setidaknya harus dipahami agar tidak melanggar syariat.

3 Adab Berhubungan Suami Istri

Kebutuhan seks dalam kehidupan manusiaa dalah hal yang wajar. Namun saat ingin menyalurkan hasrat bercintanya, suami istri hendaknya mematuhi adab yang telah diajarkan oleh Islam. Berikut diantara ada bercinta yang harus diketahui.

1.      Boleh Berhubungan dengan Telanjang

Hukumnya boleh-boleh saja suami istri tidak berpakaian saat berhubungan intim sehingga bisa saling melihat satu dan lainnya. Tentunya hal ini diperbolehkan karena antara suami istri itu tidak ada batasan aurat.

Bolehnya berhubungan intim tanpa berpakaian sehelai pun dapat dilhat dari perkataan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha yang menyebutkan bahwa ia pernah mandi bersama Rasulullah dari satu bejana dan mereka berdua dalam keadaan junub.

Hal ini juga didukung dari ayat Al Qur’an yang berbunyi “Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela” (QS. Al Mu’minun : 5-6).

2.      Istri Hendaknya Segera Memenuhi Ajakan Suami

Saat suami mengajak istrinya untuk berhubungan intim, maka yang seharusnya dilakukan istri ialah segera memenuhi ajakan suaminya. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah, “Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas itsri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu subuh” (HR. Bukhari 5193 dan Muslim 1436).

Namun apabila sang istri memilik uzur seperti sakit atau kelelahan, maka suami harus memakluminya. Karena Imam Nawawi rahimahullah menyebutkan bahwa dalil haramnya wanita enggan mendatangi ranjang adalah jika tidak ada uzur.

3.      Tidak Boleh Menyebarkan Rahasia Hubungan Ranjang

Hukum-hukum berhubungan suami istri dalam islam yang ketiga ialah tidak boleh menyebarkan rahasia hubungan ranjang. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam, “Sesungguhnya termasuk manusia paling jelek kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah laki-laki yang menggauli istrinya kemudian dia sebarkan rahasia ranjangnya”.

Itulah dia  hukum-hukum berhubungan suami istri dalam Islam dan yang sering juga ditanyakan suami istri adalah bagaimana hukum menjilat kemaluan istri, untuk mengetahuinya anda bisa mengklik link tersebut. Demikian semoga bisa menjadi rujukan bagi anda yang belum mengetahui ilmunya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!