Inilah Nutrisi yang Harus Terkandung Dalam Susu Untuk Lansia yang Susah Makan

Sudah hal yang sangat wajar jika nafsu makan lansia menurun, sehingga lansia menjadi sulit makan. Hal ini terjadi karena seseorang yang sudah berumur atau lanjut usia mengalami penurunan fungsi syaraf tubuh, seperti penurunan fungsi indera perasa. Untuk itu, biasanya orang terdekatnya memberi susu untuk lansia yang susah makan.

Dengan memberi pendamping susu untuk lansia, maka nafsu makan pada lansia akan meningkat serta banyak nutrisi yang terkandung pada susu yang baik untuk mendukung aktivitas harian si lansia. Namun, tahukah kamu nutrisi apa saja yang harus terkandung pada susu untuk lansia yang sulit makan?

Di bawah ini ada beberapa nutrisi yang perlu terkandung pada susu lansia yang sulit makan.

5 Nutrisi Yang Harus Terkandung Dalam Susu Untuk Lansia yang Susah Makan

  1. Karbohidrat

Lansia yang susah makan pasti akan memiliki tubuh yang lemas. Hal ini karena lansia tersebut tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Di mana karbohidrat merupakan sumber energi.

Untuk itu, jika kamu ingin membeli susu untuk lansia pilihlah susu yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup. Hal ini bertujuan agar lansia mampu untuk menjalankan aktivitas hariannya dengan semangat.

  1. Protein

Selanjutnya, pilihlah susu lansia yang mengandung tinggi protein. Dengan kandungan protein yang tinggi, lansia tetap bisa menjaga massa otot, menjaga kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan otak. Sehingga, lansia tidak mudah terserang penyakit meskipun lansia susah untuk makan.

  1. Lemak

Nutrisi yang tidak boleh ketinggalan dalam susu lansia yang susah makan adalah lemak. Jenis lemaknya tentu saja lemak tak jenuh ya.

Lemak ini sangat berfungsi untuk lansia agar lansia tetap merasa kenyang setelah minum susu. Selain itu, lemak juga berguna untuk membawa vitamin D, A, K, serta E ke seluruh tubuh.

  1. Kalium

Ada banyak makanan yang mengandung kalium. Namun karena lansia mengalami penurunan nafsu makan, maka nutrisi kalium tidak dapat terpenuhi. Untuk itu, pilihlah susu pendamping untuk lansia yang mengandung kalium.

Kalium sangat baik untuk lansia. Di mana kalium sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah. Kemudian, kalium juga mampu menjaga kesehatan jantung lansia.

  1. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D dikenal untuk menjaga kesehatan tulang baik untuk bayi hingga lansia. Untuk itu, jika lansia susah makan, maka berikan susu yang mengandung kalsium serta vitamin D.

Dengan mengonsumsi yang tinggi akan kalsium dan vitamin D, kebutuhan kalsium dan vitamin D untuk lansia akan terpenuhi meskipun lansia sulit untuk makan. Sehingga, lansia tetap memiliki tulang yang kuat dan terhindar atau paling tidak mengurangi risiko esteoporosis yang biasanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia.

Nah, itulah beberapa gizi yang wajib terkandung dalam susu khusus untuk lansia yang tidak memiliki nafsu makan. Dengan terpenuhinya nutrisi tersebut dalam susu, maka lansia tetap bisa menjaga kesehatan.