Integrasi pemasaran online dan offline untuk memberikan dampak signifikan kepada bisnis

Integrasi pemasaran online dan offline

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aktifitas secara online menjadi tindakan yang sangat digemari beberapa tahun belakangan ini. Bahkan saat ini penyewaan jasa yang ditujukan untuk keperluan bisnis seperti jasa Import barang, jasa desain, hingga jasa pemasaran dapat dilakukan secara online. Hanya saja, ini bukan berarti kita meniadakan kegiatan promosi off-line. Kedua pendekatan pemasaran ini harus dilakukan secara bersamaan dengan pendekatan yang sesuai dengan karakter pasar yang ingin ditarget karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Sebagai pemilik usaha kita tentu tidak boleh hanya melakukan satu strategi pemasaran saja dan kemudian meninggalkan strategi yang lainnya. Memang tidak ada yang bisa menjamin bahwa strategi pemasaran yang dilakukan secara online akan dapat menghasilkan return yang sangat besar, namun dilihat dari efisiensi penggunaan dana dan juga efektifitas yang di tawarkan strategi ini harus di coba bagi para pemilik usaha.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa kita harus mengintegrasikan antara pemasaran online dan offline sekaligus, bukankah itu akan menyerap banyak sekali sumber daya?

Ini adalah pertanyaan yang cukup menarik untuk di bahas karena banyak sekali orang yang awam akan mempertanyakan hal tersebut.

Kita tahu bahwa tidak semua orang yang terbiasa melakukan transaksi online. Bahkan sebagian besar masih menginginkan transaksi off-line. Ketika kita meniadakan salah satu strategi pemasaran ini, maka sebenarnya kita meniadakan potensi pelanggan dari salah satu channel ini. Misalnya untuk pemasaran off-line, kita tidak perlu lagi melakukan pemasaran door to door seperti yang dilakukan banyak bisnis dahulu kala. Tapi, ini bukan berarti kita tidak butuh brosur dan katalog produk. Kita tetap membutuhkan keduanya. Karena kadang ada pelanggan yang lebih suka belanja offline dan menanyakan brosur dan katalog produk kita terutama untuk produk-produk yang harganya tinggi. Seperti kamu yang menjual produk seperti bahan material, properti dan produk terkait lainnya maka kamu tetap membutuhkan brosur dan katalog produk.

Lagipula, biaya cetak brosur tidak semahal yang kita bayangkan. Sekarang ini banyak percetakan yang menawarkan cetak brosur murah dengan kualitas yang cukup memuaskan. kita tinggal manfaatkan saja penawaran tersebut untuk membuat katalog dan brosur dalam rangka mendukung kegiatan marketing off-line kita. Kegiatan promosi dan marketing online dan off-line bukanlah sesuatu yang bertentangan. Ia bisa dilakukan secara bersamaan untuk menyasar sebanyak mungkin pelanggan potensial. Namun, kita harus memahami karakter masing-masing channel tersebut. kemudian memanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan pelanggan dan kemudian menjual sebanyak mungkin dengan biaya seminim mungkin. Selain itu sebagai pemilik bisnis kamu juga harus bisa memperhitungkan biaya modal, penjualan, iklan hingga perkiraan untung dan selisih yang akan dihasilkan.