Intip Cara Cepat Mengatasi Masalah Jaringan AXIS

Cara mengecek nomor axis – Generasi Z adalah generasi yang dibesarkan di tengah-tengah perkembangan internet. Jadi, nggak heran kalau kamu sudah akrab banget dengan teknologi internet. Selain buat mabar bareng teman-teman, kamu juga sering menggunakan internet buat browsing bahan-bahan buat makalah sekolah atau buat menyusun skripsi perkuliahan. Makanya, kepalamu pasti jadi pusing tujuh keliling saat koneksi internet lemot. Buat pengguna AXIS, masalah jaringan memang bukan peristiwa langkah. Ada kalanya jaringan AXIS bermasalah, sehingga berefek pada koneksi internetmu yang jadi lemot. Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Soalnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat mengatasi jaringan AXIS lagi bermasalah. Yuk, simak cara mengatasi masalah jaringan AXIS berikut ini dari koinx.id.

1. Perbaiki Jaringan AXIS Lewat APN

Salah satu cara supaya jaringan AXIS kembali lancar adalah dengan mengatur APN. APN adalah kepanjangan dari Access Point Name. APN bisa diumpamakan sebagai gerbang masuk yang fungsinya mengidentifikasi jaringan penghubung
dari ponsel ke jaringan internet. Nah, bisa jadi penyebab jaringan AXISmu bermasalah adalah dari gateway APN itu tadi. Kamu bisa atur ulang pengaturan APN itu supaya koneksi jaringan selulermu jadi lancar kembali. Caranya:

• Buka “Setting” yang ada pada smartphonemu
• Setelah itu, masuk ke opsi pengaturan “Jaringan”
• Pilih opsi “Kartu SIM”, setelah itu, tap “AXIS”
• Setelah itu, masuk ke menu “APN”. Dari situ, kamu bisa langsung mengatur konektivitas jaringan.

Di sini, kamu mungkin merasa bingung. Data APN apa nih yang harus kamu isi? Kamu tinggal isi APN tersebut dengan informasi ini:

Nama APN : AXIS
APN : AXIS
Proxy : 10.8.3.8
Port : 8080
Nama Pengguna : AXIS
Password : 123456
Server : –
MMSC : Default
Proxy MMS : Default
Port MMS : Default
MMC : 510
MNC : 08
Autentikasi : PAP
Jenis APN : Default
Tipe Protokol APN : IPv4
Protokol APN Roaming : IPv4

Selesai, deh! Setelah semua data APN di atas kamu isi dengan benar, tutup jendela pengaturan. Setelah itu, restart HPmu supaya setting terbaru itu bisa melakukan tugasnya.

2. Pindah Lokasi

Jaringan AXISmu bermasalah? Penyebabnya bisa jadi karena lokasimu yang kurang strategis. Kalau kamu sedang berlibur ke daerah pegunungan misalnya, bisa jadi jaringan AXIS terhalang oleh tingginya pepohonan dan bukit. Akibatnya, sinyal yang kamu terima juga jadi kurang maksimal. Bahkan, ada kalanya penurunan sinyal jaringan bisa mencapai 60%, lho. Makanya, coba kamu perhatikan area tempatmu berada. Kamu juga bisa coba pindah tempat ke area yang lebih terbuka atau lebih tinggi. Ke lantai dua dari hotel tempatmu menginap, misalnya. Siapa tahu, sinyal AXIS yang masuk ke dalam HPmu jadi lebih besar. Jaringan AXIS pun jadi kembali lancar.

3. Ganti Pengaturan Jaringan

AXIS di bawah naungan XL Axiata tawarkan kecepatan koneksi internet dengan teknologi 4G. Jadi, kamu bisa nikmati aktivitas browsing dan download dengan kecepatan tinggi. Jaringan 4G milik XL Axiata ini juga mengcover hampir semua daerah di Indonesia. Tapi, ada kalanya jaringan 4G ini mengalami gangguan. Akibatnya, internetmu jadi lemot. Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Soalnya, masalah ini bisa diatasi dengan cara ganti pengaturan jaringan. Misalnya, kamu selama ini pakai konektivitas 4G. Nah, kamu bisa menggantinya ke jaringan 3G atau 2G. Setelah beberapa saat, barulah kamu menggantinya ke jaringan 4G kembali. Cara yang kelihatannya simple ini ternyata ampuh banget lho mengembalikan kecepatan internetmu. Apalagi, saat kondisi traffic internet lagi padat-padatnya. Coba sendiri deh, kalau nggak percaya.