Jeli dan Arif Mengurus THR Untuk Pegawai

Satu perihal yang dinanti-nantikan saat Idulfitri ialah THR alias Sokongan Hari Raya. Banyaknya capai upah bulanan atau sesuai penghitungan prorata untuk pegawai dengan periode kerja kurang dari satu tahun. Nach, saat sebelum kalap berbelanja, kamu harus membuat daftar fokus dulu nih supaya THR tidak kebuang demikian saja. Berikut langkah arif mengurus THR Idulfitri:

 

  1. Membayar tersisa utang

Ini nih yang kerap dilalaikan beberapa orang, ckckck. Jika kamu punyai bill Kredit Card atau paylater, yok selekasnya lunasi supaya bunganya tidak membesar. FYI, terlambat bayar hutang menyebabkan rekam jejak kamu di bank jadi buruk lho. Ada yang bernama BI checking, yaitu pengujian kisah pembayaran hutang oleh nasabah.

 

Sering menunggak akan membuat data dirimu ditampik saat ajukan utang dengan nominal besar. Walau sebenarnya, dapat saja kan, uang pinjamannya ingin dipakai untuk suatu hal yang lebih bernilai, misalnya: perbaikan rumah atau ongkos kuliah adik.

 

  1. Belanja keperluan lebaran

Sesudah hutang lunas, baru dech membeli keperluan lebaran. Buat yang telah memiliki keluarga atau tinggal bersama orang-tua, janganlah lupa menyisihkan THR buat mereka ya. Orang-tua punyai wishlist seperti anak-anaknya lho. Siapa yang tahu Ayah ingin membeli sarung baru? Atau Ibu ingin makan kue kering kesukaannya?

 

Tenang, kamu masih tetap dapat berbelanja kok. Apa lagi banyak potongan harga Idulfitri bersebaran di program berbelanja online atau pusat belanja. Tetapi, pikirkan kembali dech, kurang lebih perlu tidak sich punyai 3 stel pakaian lebaran? Membeli camera atau iPhone 12 ya? Agar terbebas dari stimulanive buying, kamu dapat mengaplikasikan 7 Days Rule sama seperti yang tercantum dilukis berikut ini:

 

Infografis 7 Days of Rule Saat sebelum Berbelanja

 

  1. Dana Genting

Sebagai beberapa uang yang didistribusikan secara eksklusif untuk dipakai saat hadapi beragam keadaan tidak tersangka, misalnya: Pemutusan Jalinan Kerja (PHK), musibah alam, reparasi kendaraan, dan sebagainya. Baiknya, besarnya uang genting ialah 6 kali upah bulanan untuk karyawan bujang, dan 9-12 kali upah buat mereka yang telah memiliki keluarga.

 

Jumlah itu tidak harus disanggupi pada sebuah waktu, tetapi dapat dicicil dengan tersisa 10% dari gaji /bulan. Jika kamu telah menerapkannya, uang THR bisa juga kamu tambah ke rekening dana genting lho. Bila belum, tidak perlu cemas, perlahan-lahan saja ngumpulinnya, oke?

 

  1. Investasi

Masih tetap ada tersisa THR dan kebingungan langkah menghabiskannya? Investasi kemungkinan pas untukmu. Untuk pemula, investasi bisa diawali dari reksadana yang tidak memerlukan modal terlampau besar, hingga risikonya lebih rendah dibandingkan saham. Pembukaan rekening reksadana juga bisa dilaksanakan lewat program lewat cara online. Nanti, uang kamu diatur oleh manager investasi eksper, jadi tak perlu mengawasi gerakan harga terus-terusan.

 

Selainnya berupa materi, investasi soft kemampuan dan hard kemampuan penting juga lho. Karena, trend tugas bisa berbeda dari tahun ke tahun. Jika kekuatanmu itu-itu saja, kamu tidak akan sanggup berkompetisi dengan lainnya.

Baca Juga: pilihan setelah lulus sma

visit pare