Kesehatan

Kenali sumber mineral dari sayuran dan buah-buahan

Summary

Mineral adalah bahan yang diperlukan dalam proses pertumbuhan seseorang selain vitamin dan zat-zat lainnya. Mineral bisa ditemukan di banyak makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Peran mineral dalam tubuh juga cukup besar yakni untuk membantu proses kalsifikasi tulang pembentukan sel […]

Kenali sumber mineral dari sayuran dan buah-buahan

Mineral adalah bahan yang diperlukan dalam proses pertumbuhan seseorang selain vitamin dan zat-zat lainnya. Mineral bisa ditemukan di banyak makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Peran mineral dalam tubuh juga cukup besar yakni untuk membantu proses kalsifikasi tulang pembentukan sel dan enzim-enzim serta unsur terpenting dalam metabolisme tubuh. Namun, apa saja yang menjadi sumber mineral. Simak berikut ini.

Sebelum mengenal makanan yang mengandung mineral, ada baiknya Anda mengenali apa saja jenis-jenis mineral. Mineral dalam tubuh dapat berupa kalsium, seng, zat besi, kalsium, tembaga, magnesium, potasium, selenium, natrium, mangan, kromium, dan lain-lain. Mineral tersebut sebenarnya terbagi dalam dua bagian yakni mineral makro dan mineral mikro.

Lalu apa saja sayuran-sayuran yang mengandung mineral untuk tubuh. Ada beragam sayuran yang sangat berguna. Namun, perlu di perhatikan sayuran tidak mengandung bahan kimia berbahaya misalnya dari bahan semprot atau pupuk.

Daun bayam

Dalam daun bayam terkandung mineral seperti seng, potasium, tembaga, kalsium, dan zat besi. Beragamnya kandungan mineral ini menjadikan bayam tergolong sayuran dengan kandungan mineral tinggi.

Daun kale

Daun kale adalah jenis daun yang mengandung magnesium, potasium, karena, dan mangan. Dengan mengonsumsi daun kale, 5 persen kebutuhan mineral Anda bisa tercukupi sehingga daya tahan tubuh DNA kesehatan tulang akan terjaga.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang juga mengandung mineral penting. Di dalamnya mengandung kromium yang tergolong mineral mikro. Kromium dalam tubuh bisa membantu melancarkan metabolisme seperti membantu kerja insulin dalam mengendalikan kadar gula darah.

Selain sayuran, ada pula buah-buahan yang mengandung mineral. Di bawah ini adalah jenis-jenis buah yang mengandung mineral cukup tinggi

Alpukat

Selain terkenal dengan kandungan protein nabati, di dalamĀ  alpukat terkandung tembaga, magnesium, danĀ  potasium.

Pisang

Buah kedua yang juga mengandung mineral adalah pisang dengan kandungan kromium. Pisang memiliki manfaat selain melancarkan pencernaan juga dapat meningkatkankelancaran metabolismedalam tubuh.

Cokelat hitam

Dalam cokelat hitam juga bisa ditemukan kandungan seng. Dalam data penelitian menyatakan bahwa setiap 100 gram cokelat akan mengandung 3,3 mg seng sehingga kebutuhan harian seng sebesar 39 persen akan tercukupi.

Buah kering

Buah kering dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan mineral. Dalam buah kering terkandung tembaga, magnesium dan potasium. Buah kering dipandang cukup praktis digunakan untuk memenuhi kebutuhan mineral.

Untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh lebih praktisnya Anda bisa mengonsumsi produk Nestle yang dipastikan mengandung mineral tubuh. Bahkan terutama untuk si Kecil sangat membutuhkan mineral untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan.

Sekian penjelasan tentang sumber mineral yang diperlukan oleh tubuh. Mineral tidak akan bisa diperoleh apabila Anda tidak menjemput mineral itu. Jangan sampai menyepelekan mineral, meskipun memang tampak tidak penting, tapi sebenarnya penting juga.