Ketahui Harga Sewa Cucuk Lampah Wedding – Tradisi Turun Temurun Masyarakat Jawa dengan Makna Tolak Balak Saat Melangsungkan Pernikahan

Ketahui Harga Sewa Cucuk Lampah Wedding – Pernikahan adalah salah satu hal yang amat sakral untuk dijalankan. Dan tentunya akan jadi hari paling bersejarah di dalam hidup calon pengantin yang akan menjalaninya. Karena di hari tersebut terjadi suatu pengikatan janji suci yang dirayakan dan dijalankan oleh dua orang mempelai dengan tujuan untuk memiliki ikatan perkawinan. Baik secara norma agama, norma hukum, serta norma sosial. Di hari bersejarah berikut tentu saja calon pengantin inginkan berbagi kebahagiaan bersama dengan keluarga dan kerabat lainnya.

Ketahui Harga Sewa Cucuk Lampah Wedding

Dalam menggelar sebuah acara pernikahan, maka tersedia banyak hal yang mesti dipersiapkan secara masak. Tujuannya supaya nantinya akan menciptakan suatu momentum spesial di hari yang paling bersejarah dan mengasyikkan dalam hidup ke dua mempelai tersebut.

Cucuk Lampah Diyakini Sebagai Tradisi Turun-Temurun

Suku Jawa kalau menginginkan menggelar pernikahan. Menurut tradisi Jawa, tidak lengkap rasanya kalau melepaskan suatu alur upacara atau rutinitas tradisi dengan prosesi upacara yang lengkap. Dalam urutan upacara kebiasaan Jawa Tengah contohnya, terkandung banyak sekali arti yang terkandung di dalamnya. Apalagi kalian atau keluarga kalian yang tetap yakin dengan rutinitas nenek moyang kita, tentu akan melakukan prosesi adat secara lengkap. Salah satunya yakni layaknya ada prosesi cucuk lampah. Pada cucuk lampah ini biasanya yang kita menyaksikan sebatas penari yang menyongsong sang pengantin terhadap pas kirab saat bakal menuju ke pelaminan. Namun, terkandung suatu makna lainnya yaitu cucuk lampah digunakan sebagai penolak bala atau problem dari roh jahat yang mendambakan mengganggu jalannya suatu pernikahan. harga sewa cucuk lampah wedding

Rangkaian Prosesi & Harga Sewa Cucuk Lampah Manten Bisa Mahal

Cucuk lampah merupakan nama lain dari subamanggala. Kata Subamanggala berasal dari dua kata yaitu suba dan manggala. Suba punya makna tata krama atau tata susila. Sedangkan, Manggala memiliki arti seorang pemimpin. Sehingga, subamanggala punyai makna sebagai seorang pemimpin yang penuh bersama dengan tata krama.

Filosofi ini memiliki makna bahwa seorang pemimpin yang mempunyai rombongan dan memiliki tanggung jawab yang besar atas segala keselamatan para rombongannya. Semua harus dipimpinnya dengan penuh tata krama. Pada normalitas pernikahan tradisi Jawa, ada prosesi seorang penari yang berada di barisan paling depan. Ia mempunyai tugas untuk menuntun iring-iringan sepasang pengantin dan keluarga untuk menuju kursi pelaminan. Selain itu, ada juga penari untuk menghibur para tamu undangan. Prosesi selanjutnya dilakukan oleh seorang cucuk lampah.

Konon katanya, prosesi cucuk lampah ini punyai simbol sebagai penolak bala atau problem terhadap acara resepsi bagi kedua mempelai. Tolak bala tersebut punyai target untuk mengusir segala bentuk masalah dari dalam maupun dari luar. Terlebih problem berasal dari makhluk astral yang kerap mengganggu saat prosesi pernikahan tersebut berjalan. Oleh karenanya, prosesi cucuk lampah lazimnya dikerjakan di selama jalan yang dilewati oleh iringan ke-2 mempelai. harga sewa cucuk lampah wedding blitar

Nah, itulah sedikit info makna dari cucuk lampah. Dari kalian semua yang orang Jawa, apakah pernah melihat, mendengar atau bahkan memakai jasa ini? Share di kolom komentar ya.