Memahami Upaya Vaksinasi Tamil Nadu

Motivasi

Dalam posting saya sebelumnya, saya telah melihat tren tingkat vaksinasi negara bagian di India. Satu temuan adalah bahwa Tamil Nadu tertinggal dalam hal tingkat vaksinasi jika dibandingkan dengan negara bagian berpenduduk serupa lainnya. Sungguh mengejutkan melihat negara bagian seperti Tamil Nadu tertinggal dalam upaya vaksinasi.

Rekomendasi Swab Test Jakarta

Oleh karena itu saya melihat lebih dekat pada data, dengan menggabungkan data vaksinasi dengan informasi populasi tingkat kabupaten dari Sensus India 2001 dan 2011 dan informasi kesejahteraan ekonomi dari Survei Sampel Nasional putaran ke-66 dan ke-72. Tujuan utamanya adalah untuk mengeksplorasi beberapa penjelasan umum yang diberikan untuk penampilan Tamil Nadu, dari perspektif data.
Chennai — Ibu Kota Negara Bagian
Oleh SlowPhoton — Karya sendiri, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=84161890

Titik awal analisis ini adalah dengan Chennai, ibu kota negara bagian. Yang mengejutkan kami, Chennai adalah salah satu kota dengan kinerja terbaik di India, dengan tingkat vaksinasi penuh (yaitu proporsi total populasi yang menerima kedua suntikan) lebih dari 12%.
Catatan: Data vaksinasi tersedia di tingkat kabupaten, maka digunakan kabupaten yang sesuai dengan nama kota. Beberapa pengecualian ada. Bangalore mewakili distrik Urban Bengaluru, NCT adalah penggabungan distrik Delhi Tengah, Delhi Timur, New Delhi, Delhi Utara, Delhi Timur Laut, Delhi Barat Laut, Delhi Selatan, Delhi Tenggara, Delhi Barat Daya, Delhi Barat, dan Shahdara. Kanpur adalah penggabungan distrik Kanpur Dehat dan Kanpur Nagar. Data penduduk di tingkat kabupaten diekstrapolasi hingga 2020 menggunakan Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) penduduk kabupaten antara 2001 dan 2011. Data penduduk berasal dari Sensus India 2001 dan 2011. Hasil untuk tingkat vaksinasi per 19 Juni 2021.

Hal yang sama juga berlaku untuk vaksinasi parsial (yaitu proporsi total populasi yang hanya menerima satu dosis). Tingkat vaksinasi parsial berdiri di 28,7% mengagumkan.
Catatan: Data vaksinasi tersedia di tingkat kabupaten, maka digunakan kabupaten yang sesuai dengan jantung kota. Bangalore mewakili distrik Urban Bengaluru, NCT adalah penggabungan dari Delhi Tengah, Delhi Timur, New Delhi, Delhi Utara, Delhi Timur Laut, Delhi Barat Laut, Delhi Selatan, Delhi Tenggara, Delhi Barat Daya, Delhi Barat, dan distrik Shahdara. Kanpur adalah penggabungan dari distrik Kanpur Dehat dan Kanpur Nagar. Data penduduk di tingkat kabupaten diekstrapolasi hingga 2020 menggunakan Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) penduduk kabupaten antara 2001 dan 2011. Data penduduk berasal dari Sensus India 2001 dan 2011. Hasil untuk tingkat vaksinasi per 19 Juni 2021.

Jika kinerja kota sangat baik, mengapa negara tertinggal? Yah, itu jelas karena distrik lain tidak berkinerja sebaik Chennai. Tanggapan umum yang didapat adalah bahwa itu semua merupakan konsekuensi dari posisi ekonomi relatif penduduk di seluruh distrik. Bisakah kita membangun korelasi ini?
Sisa dari Tamil Nadu — Apakah Posisi Ekonomi Relatif Berkorelasi dengan Tingkat Vaksinasi?

Proksi yang saya gunakan untuk mengukur status ekonomi penduduk adalah rata-rata pengeluaran per kapita bulanan (MPCE) suatu kabupaten. Ini dihitung menggunakan putaran ke-66 Organisasi Survei Sampel Nasional (dilakukan antara 2009 dan 2010) dan putaran ke-72 (dilakukan antara 2014 dan 2015).¹

Informasi tentang pengeluaran hanya ditangkap setiap lima tahun sekali, dan oleh karena itu kedua survei ini adalah survei terbaru yang kami miliki. Saya mengekstrapolasi MPCE ke 2020 dengan menggunakan Compounded Annual Growth Rate (CAGR) MPCE antara dua putaran, untuk setiap distrik, setelah disesuaikan dengan inflasi.²

Hasil untuk tingkat vaksinasi penuh adalah sebagai berikut,
Saya menggunakan distrik pra-2019, silakan lihat catatan kaki 2 untuk detailnya. MPCE diperhitungkan menggunakan CAGR distrik dalam MPCE nyata antara putaran ke-66 dan ke-72 dari NSS. Data tersebut dilaporkan dalam Rupee India 2020. Tingkat vaksinasi per 19 Juli 2021.

Jelas, Chennai memimpin di antara semua distrik, yang mengejutkan sebagian besar distrik (semua kecuali untuk Nilgiris tepatnya) memiliki tingkat vaksinasi penuh sekitar 4% atau kurang (bahkan di antara distrik lain yang secara ekonomi lebih baik seperti Kancheepuram , Coimbatore, dan Madurai).

Satu hipotesis bisa jadi bahwa orang-orang di distrik lain tidak melihat perlunya vaksinasi mengingat infeksi COVID-19 kurang lazim di distrik-distrik ini jika dibandingkan dengan Chennai.

Kita dapat mengujinya dengan melihat proporsi populasi yang terinfeksi (yaitu jumlah total kasus yang dikonfirmasi dibagi dengan total populasi) di berbagai kabupaten. Gambar 4, menyajikan hasil. Sangat membingungkan untuk melihat mengapa distrik seperti Kancheepuram, yang memiliki tingkat infeksi yang jauh lebih tinggi, masih memiliki tingkat vaksinasi yang buruk.

Swab Test Jakarta yang Nyaman