Taman Nasional Ujung Kulon, Teritori Pelestarian Badak Bercula Satu

Ujung Kulon – Ingin bertandang tempat rekreasi yang tidak sangat jauh dari Jakarta? Tidak ada kelirunya jika kamu jatuhkan opsi ke Propinsi Banten. Daerah pemekaran Propinsi Jawa Barat ini menyuguhkan kekuatan pariwisata yang tidak kalah menarik dari Bandung, Jogja, atau Bali sekalinya.

Bahkan juga, pengunjung dapat takjub dengan bermacamnya opsi kegiatan berlibur yang dapat dicicipi. Teritori itu ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Sebagai situs peninggalan dunia yang diproteksi oleh UNESCO PBB, Taman Nasional Ujung Kulon ialah tujuan rekreasi harus didatangi saat ada di Banten.

Dikenali sebagai teritori pelestarian badak bercula satu, tempat wisata ini jadi surga terselinap. Tetapi, langkah ke arah kesini termasuk gampang. Lokasinya ada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Hingga, untuk pelancong asal Jakarta bisa tempuh jalur Jalan Tol Tangerang-Merak dan keluar di Gerbang Tol Serang Timur. Selanjutnya, tujukan kendaraan ke Kecamatan Baros, Labuan, sampai ke arah Panimbang. Saat datang di persilangan Panimbang, ambil arah Kecamatan Sumur. Untuk datang di teritori ini, cuman diperlukan waktu sekitaran 5 jam.

Ketika telah ada di Taman Nasional Ujung Kulon, beberapa spot harus didatangi. Seperti disebutkan, Ujung Kulon tidak cuma masalah teritori konservasi alam atau pusat riset dan pelindungan hewan . Maka, apa saja itu? Nach, berikut 13 kekuatan rekreasi paling memikat di Banten.

1. Pulau Peucang

Teritori ini terhitung sebagai spot terpopuler di Taman Nasional Ujung Kulon. Ada di seberang barat pulau Jawa, pantai di Pulau Peucang mempunyai pantai pasir putih dengan perairan yang jernih dan jelas. Karena itu banyak pelancong yang menyengaja kesini sekedar hanya untuk bermain di pasir atau berenang rileks. Kekhasan lain pantai ini ialah beragam macam satwa liar yang terkadang ada disekitaran pantai atau pemondokan. Kamu betul-betul dapat rasakan sentuhan alam saat berlibur di tujuan rekreasi unggulan Banten dan Indonesia ini.

2. Tanjung Monitor

Teritori ini ada di titik 0 km Pulau Jawa. Tanjung Monitor sebagai rangkaian karang yang ada pas di tatap muka arus di antara Selat Sunda dan Samudera Hindia. Karena itu, panorama ke-2  tipe perairan itu tidak kalah cantiknya. Tidak cuman daya tarik alam, Tanjung Monitor menyuguhkan nilai riwayat karena ada puing-puing gedung warisan jaman penjajahan Belanda. Untuk sampai ke Tanjung Monitor, pengunjung harus telusuri rimba taman nasional dengan jalan kaki lebih dulu. Untuk yang suka menelusuri, pengalaman rekreasi di sini tentulah sangat terasa hebat. bangunan warisan jaman Belanda.

baca : 9 Pulau Paling indah di Kepulauan Seribu yang Harus didatangi

3. Pulau Handeleum

Belum juga senang bertualang? Tidak boleh cemas karena spot ini akan datang memberikan kepuasan dahaga untuk rekreasi adventure. Lokasinya ada di rangkaian kepulauan kecil di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Pulau ini ditempati fauna unik, seperti rusa dan ular phyton. Pulau yang dikitari oleh rimba bakau yang subur ini benar-benar bagus jadi komunitas ke-2  tipe satwa itu. Disamping itu, sungai yang memotong pulau sering juga dijadikan spot canoeing atau bersampan oleh pengunjung.

4. Sungai Cigenter

Seperti Sungai Amazon di Amerika Selatan, Sungai Cigenter ialah saluran sungai di Pulau Handeleum yang tidak kalah melawannya. Panorama di pinggir sungai demikian menarik. Di ujung saluran sungai ialah air terjun bertingkat yang hendak menganakemaskan pelancong dengan situasi menenangkannya. Tetapi sebelumnya, kamu juga masih tetap disuguhi dengan pemandangan cantik. Satwa liar seringkali ditemui di pinggir sungai, bahkan juga ular sering bergelantung di pohon-pohonan bantaran sungai. Memang sungai ini sebagai panggilan untuk jiwa petualang yang siap menantang rintangan alam liar.

5. Pulau Panaitan

Jelajahi pulau memang kegiatan sangat menarik saat ada di Ujung Kulon. Seterusnya, kamu dapat seberang ke Pulau Panaitan. Kamu tidak menyesali keputusanmu pilih pulau dengan perairan lautnya yang terlihat demikian mempesona. Peraiarannya yang jernih juga memungkinkannya untuk melihat biota-biota laut. Ekosistem bawah laut itu bahkan juga dapat kamu tonton tak perlu berenang ke tengah laut. Rimba di Pulau Panaitan yang asri dapat juga kamu susuri untuk pengalaman mengagumkan yang lain. Saat petang mulai tiba, duduk tenanglah di atas pasir pantai untuk melihat peristiwa senja bersama orang tersayang. Benar-benar romantis, dech!

baca : 16 Tempat Liburan Lebaran di Bogor Sangat Idola

6. Pantai Daplangu

Jika kamu tidak sempat untuk seberang ke pulau tertentu di teritori Taman Nasional Ujung Kulon, tak perlu bersedih, kok. Pengunjung masih tetap dapat rasakan kesan pengalaman rekreasi bahari di Pantai Daplangu. Pantai ini berada di Kecamatan Sumur dengan bentangan pasir yang menganakemaskan kaki pengunjung. Untuk terhubung pantai ini, kamu dapat tiba dengan sewa mobil lewat daftartour.co.id dan nikmati peristiwa bermain air dengan keluarga atau rekan paling dekat.

7. Padang Rumput Cidaon

Ingin rasakan pengalaman kegiatan wild watching di Ujung Kulon? Hadirlah ke teritori Padang Rumput Cidaon sebagai komunitas untuk beberapa satwa liar di taman nasional ini. Antara hewan yang kerap merumput di sini yaitu banteng, sapi, kerbau, dan burung merak. Fauna ciri khas Ujung Kulon, badak bercula satu, terkadang terlihat di sini. Diperlukan pemandu khusus untuk dapat kesini yang hendak memberi panduan berkaitan tempat aman supaya bisa melihat hewan liar dengan aman. Waktu terbaik untuk melihat hewan-hewan itu di alam bebas ialah di sore hari. Situasi juga demikian memberikan dukungan dengan sinar matahari yang mulai menurun.

8. Pulau Oar

Pulau Oar berada tidak sangat jauh, waktu pintas ke tujuan ini hanya sekitaran 30 menit saja dari Wisma Sarang Badak. Selainnya dekat, kelebihan pulau ini berada pada karakter pasir putih dengan perairan laut yang jernih. Karena sangat beningnya, pelancong bisa melihat keelokan bawah air tak perlu menyelam. Rerimbunan rimba di atas pulau selebar lima hektar ini juga siap untuk ditelusuri. Umumnya. pengunjung nikmati waktu liburannya di pulau ini dengan kemping dan snorkeling.

9. Pulau Umang

Letak Pulau Umang berdekatan dengan Pulau Oar . Maka, janganlah sampai melewati pulau yang tidak kalah menarik ini sama air laut warna biru jernih, berpasir putih, dan berombak tenang ini. Ada jauh dari pusat kota, pulau ini ialah opsi pas untuk merehatkan diri sesaat dari kegiatan rutin harian. Pelancong yang bertandang memang umumnya tiba untuk refreshing dengan media keelokan alam.

baca juga : pulau kelapa kepulauan seribu

10. Gunung Honje

Taman Nasional Ujung Kulon bukan hanya masalah pulau dan pantai. Gunung Honje juga jadi opsi memikat buat dijelajahi saat ada di teritori ini. Walau tidak mempunyai ketinggian seperti gunung yang lain di Jawa, gunung ini mempunyai keelokan vegetasi alam khusus. Dengan ketinggian cuman sekitaran 700 mtr. di permukaan laut, pendaki juga tak perlu keluarkan tenaga demikian extra. Saat menelusuri teritori gunung, kamu sering akan berpapasan dengan beragam macam satwa liar. Janganlah lupa untuk minta instruksi dari pemuda dusun di tempat supaya bisa membantu dalam pendakian gunung ini dengan aman.

11. Karang Copong

Tempat terbaik untuk melihat peristiwa matahari senja di Taman Nasional Ujung Kulon ada di Karang Copong. Tebing di pinggir pantai ini menyuguhkan panorama sunset warna jingga yang unik. Memanglah tidak ada garis pasir pantai di teritori ini, tetapi tebing karang bisa menjadi alternative yang tidak kalah menariknya. Adapun nama Karang Copong datang dari Bahasa Sunda, copong memiliki arti karang yang berlubang. Disekitaran teritori ini, ada karang yang berlubang di tengah-tengahnya, hingga jelaslah pemberian nama tempat rekreasi Ujung Kulon ini. Untuk dapat nikmati sunset di Karang Copong, pengunjung harus tempuh perjalanan penuh rintangan dengan tembus rimba lebat. Tetapi tenang, perjalanan melelahkan itu akan terbayarkan habis dengan panorama matahari terbenamnya sesampai di atas karang.

12. Pulau Badul

Taman bawah laut yang demikian cantik juga ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Karena itu tidak boleh terlewat peluang untuk menelusuri keelokan dunia bawah air dengan bertandang ke teritori Pulau Badul. Walau ukuran imut dan tidak memiliki penghuni, daya tarik Pulau Badul jangan diremehkan. Airnya demikian jernih hingga benar-benar pas untuk snorkeling atau diving. Namun, arusnya lumayan kuat hingga dibutuhkan kehati-hatian sepanjang melakukan aktivitas di sini supaya tidak terbawa dan tergesek karang.

13. Pantai Ciputih

Yang tidak kalah memikat buat didatangi saat ke Ujung Kulon ialah Pantai Ciputih. Pantai ini mempunyai resor yang cukup populer di kelompok pelancong dan menjadikan sebagai salah satu pantai yang tersentuh oleh tangan manusia. Sepanjang ada di teritori pantai, kamu dapat nikmati cantiknya perairan dangkal dengan lakukan snorkeling. Biota dan ekosistem lautnya benar-benar memikat untuk ditelusuri. Sesudah capek bermain air, pengunjung juga dapat rasakan istirahat di resor eksklusif yang ada di spot rekreasi ini.

Bertambah percaya dengan keelokan alam di Ujung Kulon dan Indonesia? Karena itu kita harus jaga lingkungan supaya daya tarik itu tidak menghilang, ya. Cukup cicipi berlibur dengan masih tetap bertanggungjawab untuk melestarikan ekosistem cantik nusantara. Pusing tentukan kegiatan rekreasi yang sangat menarik? Check di daftartour.co.id dengan feature paket rekreasi terbaik. Kamu tidak perlu repot dalam berencana berlibur yang membahagiakan. Ticket pesawat murah di daftartour.co.id akan amankan keadaan kantong . Maka, nantikan apalagi?