Tips Trik

Tips dasar membuat banner untuk mendapatkan hasil yang memuaskan

Summary

Tak dipungkiri banner tetap dibutuhkan sebagai salah satu media promosi off-line, walaupun beberapa tahun belakangan ini promosi online sudah sangat masif. Promosi offiline tetap dibutuhkan karena tidak semua orang yang menggunakan internet, terutama untuk mereka yang usianya sudah diatas 50 […]

bisnis cetak banner

Tak dipungkiri banner tetap dibutuhkan sebagai salah satu media promosi off-line, walaupun beberapa tahun belakangan ini promosi online sudah sangat masif.

Promosi offiline tetap dibutuhkan karena tidak semua orang yang menggunakan internet, terutama untuk mereka yang usianya sudah diatas 50 tahun. Mungkin sebagian besar dari mereka tidak menggunakan perangkat internet sama sekali.

Selain itu, promosi menggunakan banner tetap dibutuhkan untuk perusahaan seperti bank, perkantoran dan pemerintahan.

Artinya kebutuhan banner tetap belum tergantikan hingga sekarang. Walaupun pemasaran online sudah sangat masif.

Nah, bagi anda yang ining memulai bisnis percetakan mulai dari cetak banner, cetak sticker dan produk related lainnya. Mungkin beberapa tips dibawah ini bisa jadi pertimbangan.

Desain

Dalam membuat desain usahakan dilakukan oleh mereka yang memiliki kompetensi mumpuni dibidang tersebut. Mereka yang mengerti membuat banner yang menarik, professional yang paling penting bisa menyampaikan pesan dari isi bannernya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mereka yang melakukan desain banner adalah penggunakan huruf pada headline, isi serta kombinasi warnanya.

Hari ini banyak desain banner yang terkesan asal-asalan karena memang orang yang membuatnya tidak mengerti bagaimana membuat banner yang baik.

Ini belum masuk pada tahapan bagaimana cara print banner yang benar.

Format dan kualitas gambar

Selain factor desain banner, kualitas sebuah banner juga dipengaruhi oleh format gambar yang digunakan serta kualitasnya. Biasanya kualitas ini diasosiasikan dengan ukuran.

Misalnya, jika kita menggunakan format gambar bitmap. Maka biasanya pihak percetakan menyarankan kita untuk menggunakan ukuran gambar dengan resolusi 300px/inch.

Tujuannya agar saat kita melakukan proses cetak banner, hasilnya tidak blur, berbintuk bahkan pecah-pecah yang tentu saja akan merugikan konsumen.

Penggunaan tool desain

Untuk membuat desain yang menarik dan professional tentu saja kita menggunakan berbagai tool desain yang sudah sangat popler dimasyarakat. Salah satunya adlaah Corel Draw.

Nah, jika kita menggunakan tool ini, usahakan saat proses export ke format Jpg disetting menggunakan resolusi 300 dpi dengan pilihan image CMYK. Ini penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi hasil cetak banner nantinya.

Karena, kualitas akan dipengaruhi oleh resolusi dan sekaligus ukuran filenya.

Tips terakhir

Sebelum anda mengajukan banner untuk dicetak, pastikan komponen-komponen diatas yang secara langsung mempengaruhi kualitas cetak banner sesuai dengan yang anda inginkan.

Banyak gagal cetak terjadi karena kurang disiplin pada bagian terakhir ini.

Ketika kita mengikuti beberapa tips singkat diatas secara disiplin, maka diharapkan kualitas cetak banner dan cetak stiker anda benar-benar memuaskan.