Tips Trik

Anjuran dan Larangan Memilih Warna Cat Rumah

Summary

  Ingin rumah anda terlihat lebih segar dan luas. Itu bisa anda wujudkan hanya dengan memilih cat rumah yang sesuai dan cocok. Dibawah ini adalah beberapa tips simpel bagaimana cara memilih cat rumah agar tekesan lebih elegan dan luas. Mari […]

tips memilih cat rumah

 

Ingin rumah anda terlihat lebih segar dan luas. Itu bisa anda wujudkan hanya dengan memilih cat rumah yang sesuai dan cocok. Dibawah ini adalah beberapa tips simpel bagaimana cara memilih cat rumah agar tekesan lebih elegan dan luas.

Mari kita bahas sama-sama.

Ketika anda mampu memilih kombinasi warna rumah yang sesuai, tentu saja ini akan memunculkan daya tariknya tersendiri, tiba-tiba rumah anda menjadi instagramable.

Dengan bantuan warna anda bisa memberikan kesan mewah, sederhana, simpel maupun kompleks. Sehingga penting bagi kita untuk memilih warna yang sesuai dengan model dan topik rumah kita.

Jika anda menggunakan jasa tukang, pastikan ini sudah termasuk pada layanan mereka saat mereka menghitung biaya bangun rumah per meter persegi.

Memilih cat rumah akan semakin menantang jika anda ingin mengubah cat esteriornya. Karena, ini juga berkaitan dengan ketahanan dan harga cat yang harus anda bayar.

Dibawah ini adalah beberap tips untuk kita.

Hindari beberapa hal berikut.

Kami menyarankan untuk menghindari warna-warna kontras yang membuat rumah anda terlihat sangat berbeda dengan lingkungannya.

Kadang, warna kontras ini juga terkesan kampungan. Apalagi jika anda tidak mengkombinasikan warna ini secara sesuai dengan warna cat yang lainnya.

Ada beberapa rumah yang terlalu dominan biru tuanya. Sehingga terlihat rumahnya sangat kaku dan terbelakang. Sebaiknya, anda memberikan cat kontras ini hanya untuk beberapa bagian yang memiliki bidang yang tidak terlalu luas.

Untuk bidang cat yang luas, sebaiknya gunakan warna yang lembuat namun hidup. Bisa melakukan harmoni dengan warna-warna lain di sekitarnya.

tips memilih cat rumah

Lakukan: Manfaatkan teknik Tekstur

Perpaduan hasil akhir yang datar dan mengkilap menambah daya tarik visual pada sebuah rumah dan memberikan kontras meskipun warna dasarnya berada dalam keluarga yang sama. Yang terbaik adalah menggunakan lapisan matte di dinding rumah Anda dan yang mengkilap untuk membuat elemen dekoratif seperti pekerjaan pabrik menonjol. Cahaya memantulkan cat kemilau tinggi dan menarik perhatian ke elemen arsitektur.

Lakukan: Gunakan Pengulangan

Ulangi warna pada eksterior rumah untuk tampilan yang kohesif. Cat abu-abu-hijau digunakan pada kedua daun jendela dan pintu depan rumah ini.

Bayangan muncul di luar kuning pucat tanpa menyalipnya. Ini juga mencerminkan rona atap lembaran, yang berhasil menyatukan fasad.

Lakukan: Percayai Kombinasi Warna Alam

Lanskap Anda dapat memberi Anda banyak petunjuk tentang apa yang akan terlihat bagus di rumah Anda. Entah itu nuansa hijau atau nuansa merah, coklat, Ibu Alam tahu satu atau dua hal tentang mengoordinasikan warna.

Di sini, warna hijau, coklat, dan tembaga terlihat bagus di eksterior rumah ini.

Jangan: Terlalu Cocok-Matchy

Terlalu banyak koordinasi akan membuat rumah Anda terlihat tidak menarik dan membosankan. Untuk menghindari hal ini, pilih warna untuk pintu depan Anda yang akan kontras dengan warna dinding utama Anda tetapi mengikat kembali ke elemen lain. Noda coklat kemerahan yang kaya di pintu ini secara halus mencerminkan panel atap tembaga.

Lakukan: Gunakan Warna Gelap dengan Tujuan

Terlalu banyak cat gelap dapat membebani bagian depan rumah Anda dan membuatnya terlihat suram. Inilah trik untuk mencapai keseimbangan:

Cat sekitar dua pertiga bagian luar dengan warna gelap dan sepertiga dengan warna yang lebih terang. Cokelat tua dengan banyak aksen putih membuat segala sesuatunya tetap ringan sambil tetap memberikan banyak kontras.

Jangan: Meremehkan Finishing Kayu

Noda kayu hadir dalam berbagai pilihan dan dapat menghangatkan atau mendinginkan warna eksterior lainnya. Atap dan dek rumah ini menampilkan warna kayu yang hangat, yang mencegah bagian depan berwarna cokelat-putih kontras tinggi agar tidak terasa terlalu mencolok.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pesona rumah menggunakan kombinasi cat rumah yang tepat. Baik eksterior maupun interior.

Untuk anda yang sedang mencari informasi berapa biaya renovasi rumah lama yang harus disiapkan untuk perbaikian minor, silahkan lihat penjelasannya disini, https://biayabangunrumah.com/renovasi-rumah/