Tips simple memilih kasur yang nyaman dan baik untuk kesehatan tubuh

Tidur dan kesehatan berkaitan erat. Jika Anda mendapatkan tidur yang cukup, tubuh dapat berfungsi secara normal. Di sisi lain, jika Anda tidak cukup tidur, Anda akan menjadi mengantuk dan rentan terhadap cedera dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Karena itu, Anda perlu menjaga kualitas tidur yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan pilihan kasur tidur. Lantas, kasur seperti apa yang paling baik untuk kesehatan? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Saran saat memilih kasur yang nyaman dan sehat untuk tubuh

Tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa mendapatkan kenyamanan saat tidur dengan memperhatikan hal-hal yang menunjang tidur, salah satunya kasur yang Anda gunakan.

Setidaknya itulah kesimpulan yang bisa kami ambil saat mempelajari  fitur salah satu merek kasur springbed terkenal, anda bisa cek di Oceanspringbed.com jika ingin tahu lebih banyak tentang kasur springbed.

Ingat, memilih kasur tidak boleh sembarangan. Pasalnya, memilih kasur yang salah bisa membuat tubuh pegal-pegal saat bangun tidur. Pada akhirnya juga membuat Anda sulit tidur di malam hari dan kurang tidur keesokan harinya.

Agar tidak salah dalam memilih, simak langkah-langkah memilih kasur tidur yang baik untuk kesehatan tubuh di bawah ini.

  1. Kenali berbagai jenis kasur

Ada banyak jenis kasur yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada begitu banyak jenis kasur, Anda mungkin akan bingung. Namun, jenis kasur yang paling umum adalah kasur pegas, kasur memori, dan kasur lateks. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda.

Spring bed adalah jenis kasur yang paling banyak digunakan. Kasur ini memiliki pegas spiral yang terbuat dari baja kokoh dengan lapisan busa tebal sebagai bantalannya, sehingga dapat memudahkan tulang belakang Anda lebih kokoh.

Tempat tidur memori terbuat dari bahan berkontur yang dapat mengikuti bentuk tubuh.  Kasur ini diyakini mampu membantu kita untuk menghilangkan rasa sakit serta memperbaiki bentu tubuh. Namun, kasur ini cenderung lebih panas daripada jenis kasur lainnya.

Kasur lateks terbuat dari bahan alami atau sintetis. Kasur ini umumnya lebih kencang, tetapi tidak selembut kasur busa lainnya. Harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal. Kasur jenis latex ini menawarkan kenyamanan ekstra sehingga cocok untuk Anda yang mengalami sakit punggung.

  1. Utamakan kenyamanan

Langkah selanjutnya dalam memilih kasur tidur yang baik untuk kesehatan adalah menilai kasur untuk kenyamanannya.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli, sebaiknya coba dulu dengan tidur dan duduk diatasnya. Jangan khawatir, bukan sesuatu yang aneh untuk mencoba kasur sebelum membelinya, kok.

Dilansir dari WebMD, Michael Breus, PhD, seorang ahli tidur bahkan menyarankan setiap orang yang ingin membeli kasur baru untuk mencoba berbaring di setiap kasur selama 10 hingga 15 menit dalam posisi tidur mereka yang biasa.

Hal ini karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda merasa nyaman dengan mencoba kasur sebelum membelinya.

Jika Anda tidak dapat menemukan posisi yang nyaman setelah mencoba duduk atau berbaring di atasnya, kasur mungkin bukan kasur yang tepat untuk Anda. Nah, jika sudah seperti ini sebaiknya Anda mencoba jenis atau model kasur yang lain.

  1. Pilih sesuai kebutuhan

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan adalah kebutuhan spesifik anda.

Dilansir dari salah situs otoritas seperti OceanSpringbed.com, orang dengan masalah nyeri punggung bawah harus memilih kasur yang lembut atau sedang. Kasur jenis ini menjaga tulang belakang pada posisi normal sehingga keluhan nyeri punggung bisa berkurang.

Melansir dari Sleep, berikut berbagai kriteria kasur menurut tingkat kelembutannya, kebiasaan tidurnya, dan bobot tubuhnya.

Ekstra lembut dan empuk biasanya cocok untuk orang yang tidur menyamping dan berat badan kurang dari 58 kg.

Medium soft dan medium biasanya cocok untuk orang yang tidur miring dengan berat badan sekitar 100 kg atau orang yang tidur telentang/tengkurap dan beratnya kurang dari 100 kg.

Medium firm cocok untuk orang dengan semua posisi tidur dan berat badan mereka kurang dari 58 kg. Tegas lebih cocok untuk orang yang tidur miring dengan berat lebih dari 100 kg, atau orang yang tidur tengkurap / telentang dan beratnya setidaknya 58 kg.

Ekstra tegas untuk orang yang tidur dalam berbagai posisi dan berat lebih dari 100 kg.

  1. Sesuaikan dengan ukuran kamar tidur

Memperhatikan ukuran kasur juga penting. Walaupun ukuran kasur yang besar memang lebih nyaman, tapi tidak mungkin kan membeli King size jika ukuran kamar tidur Anda hanya sebatas kos-kosan?

Jadi, sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran ruangan Anda. Jika Anda memang menginginkan kasur yang lebar tetapi tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan barang, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli tempat tidur dengan tempat tidur penyimpanan yang memiliki banyak laci di bagian sampingnya.

Dengan begitu, Anda akan memiliki kasur yang lebar dan ruang yang cukup untuk menyimpan barang-barang di dalam ruangan.